Yusmiati Mulkan Minta Pemdes Harus Anggarkan Dana Untuk Pemberdayaan PKK

kasmirudin
Yusmiati Mulkan Minta Pemdes Harus Anggarkan Dana Untuk Pemberdayaan PKK
Tim Penilai Pemberdayaan Kesejahteran Keluarga (PKK) Kabupaten Bangka melakukan penilaian terhadap 3 desa, yakni Tim Penggerak (TP) PKK Desa Labu, PKK Desa Air Anyir dan PKK Desa Sempan. (Foto: ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Tim Penilai Pemberdayaan Kesejahteran Keluarga (PKK) Kabupaten Bangka melakukan penilaian terhadap 3 desa, yakni Tim Penggerak (TP) PKK Desa Labu, PKK Desa Air Anyir dan PKK Desa Sempan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka melakukan Penilaian Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga-Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (PKK-KKBPK) Kesehatan Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Bangka, yang nantinya yang menjadi juara satu akan dikirim mewakili Kabupaten Bangka untuk tingkat Provinsi Bangka Belitung.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua PKK  Bangka Yusmiati Mulkan beserta rombongan, Sekretaris Dinas P2KBP3A Bangka beserta anggota, Dinas Sosial Pemdes, kades serta ketua PKK kecamatan dan desa, PKB dan PLKB Puding besar dan kader masing-masing desa.

Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Bangka, Boy Yandra menjelaskan bahwa pelaksanaan penilaian ditekankan pada hasil pencapaian kegiatan di lapangan, dicocokkan dengan data selama kurun waktu dua tahun terakhir yaitu tahun 2018-2019 serta proses kegiatan dalam mendukung pelaksanaan program pembangunan menuju keluarga sejahtera.

"Saat ini berbagai penghargaan dan prestasi telah diraih oleh Kabupaten Bangka, salah satu penilaiannya yang nilai plus bagus adalah desa sudah open dumping free (ODF) di desa," jelasnya.

Menurutnya, penilaian itu dilihat dari bagaimana Kampung KB nya, perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat (PATBM), kekerasan dalam rumah tangga dan Upaya Peningkatan Penghasilan Keluarga Sejahtera (UPPKS) datanya harus ada dan terdata ditandai PIR-T yang diawasi oleh Dinas Kesehatan Bangka.

"Saat ini yang kita nilai ada 3 desa yaitu Desa Labu Kecamatan Puding Besar, Desa Air Anyir Kecamatan Merawang dan Desa Sempan Kecamatan Pemali. Dari ketiga desa tersebut akan diambil satu pemenang dan akan dikirim ke tingkat Provinsi Babel. Setiap nominasi diberi kesempatan perbaikan sampai tanggal 5 sampai 7 Oktober 2019 dan pemenangnya akan diumumkan oleh Tim PKK Kabupaten," tukasnya.

Sementarai itu, Ketua PKK Kabupaten Yusmiati Mulkan mengatakan Pemdes harus menganggarkan dalam hal pemberdayaan PKK yang ada di desa. Karena program-program yang ada di kegiatan PKK sangat strategis dan langsung bersentuhan dengan masyarakat luas.

"Hal itu merupakan salah satu tujuan pemerintah daerah terkait dengan pemanfaatan dan pengalokasian dana desa untuk bisa mensejahterakan masyarakat di desa sesuai dengan jumlah yang sudah dianggarkan oleh Pemdes itu sendiri. Jadi dengan demikian SDM di desa dapat diperbaiki, sesuai dengan tema HUT ke-74 RI yakni SDM Unggul, Indonesia Maju,” tutup Ketua PKK Bangka. (BBR)


Penulis  : Ibnu
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review