UKW Itu Penting untuk Wartawan Babel, Ini Kata Ketua PWI Babel

kasmirudin
UKW Itu Penting untuk Wartawan Babel, Ini Kata Ketua PWI Babel
Ujian Kompetensi Wartawan. (Foto: Istimewa)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Wartawan Bangka Belitung harus berkualitas. Salah satu tolok ukur kualitas wartawan itu adanya pengakuan kompotensi profesi.

Sejak tiga tahun terakhir ini, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bangka Belitung, telah melaksanakan uji kompotensi wartawan (UKW). Tujuannya tiada lain pengurus PWI Bangka Belitung merasa bertanggung jawab untuk terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kompetensi wartawan yang berada dalam keanggotaan PWI.

"Uji Kompetensi Wartawan merupakan instrumen penting yang harus ditempuh wartawan. Salah satunya agar pemberitaan yang dibuat lebih dapat dipertanggungjawabkan," ujar Ketua PWI Babel, Fathurrahman.

Menurut Boy, sapaan akrab Ketua PWI Babel ini, pentingnya UKW bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan sesuai dengan Peraturan Dewan Pers No. 4 tahun 2017, yang diperbaharui Peraturan Dewan Pers No. 1 tahun 2018 tentang Sertifikasi Kompetensi Wartawan.

Dalam mewujudkan hal itu, kata Boy, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Forum Komunikasi Wartawan Kejaksaan (Forwaka) Provinsi Babel akan melaksanakan UKW yang ke-6, pada tanggal 12 - 13 Desember 2019.

"UKW tersebut memang program kerja PWI Babel  dengan tujuan membentuk profesionalisme profesi wartawan," tukas Boy.

Sebelumnya, jelas Boy, Diskominfo Babel meminta PWI menjadi panitia penyelenggara. Namun, seiring berjalannya waktu, Kadis Kominfo atas perintah gubernur Babel meminta untuk menunda terlebih dahulu pelaksanaan UKW. Namun demikian, karena kepanitiaan sudah terbentuk dan jadwal sudah ditetap, akhirnya PWI Babel berinisiatif tetap melaksanakan UKW.

"Tetap kita laksanakan agar teman teman wartawan dapat menjadi lebih profesional lagi dalam menjalankan tugasnya," tegas Boy.

Pendaftaran UKW dari awal terbuka bebas siapa pun, dengan syarat melengkapi berkas sesuai dengan aturan Dewan Pers.

"Siapa pun boleh mendaftar, baik dari organisasi pers apa pun dengan melengkapi admistrasi data yang lengkap sesuai aturan Dewan Pers. Justru dari anggota PWI sendiri cuma satu orang yang mengikuti UKW kali ini, selebihnya dari organisasi lain dan teman teman wartawan yang belum berorganisasi,” kata Boy.

Boy juga mengatakan, terkait wartawan yang ingin bergabung dengan organisasi PWI, silahkan dengan mengikuti aturan yang ada di PWI. Wartawan dapat memilih organisasi pers yang sesuai dengan keinginannya.

"PWI Bangka Belitung juga membuka selebar-lebarnya kesempatan bagi wartawan yang ingin bergabung, wartawan memiliki hak untuk memilih organisasi pers yang baik untuk mereka,” ucap Boy.

Sementara itu, Ketua Forwaka Babel, Ngadianto menyampaikan, dirinya sangat mendukung adanya UKW yang dapat membentuk wartawan profesional.

"Forwaka kedepannya bersama dengan PWI itu satu komando, jadi sejauh ini anggota Forwaka harus bisa mengikuti UKW," ujarnya.

Menurut Ngadianto, UKW sangat penting  bagi Forwaka, untuk membentuk wartawan berkualitas, seiring perkembangan teknologi. (BBR)


Penulis : Rilis 

Editor   : Kasmir

Sumber : Babelreview