Transformasi Sistem Akuntansi Meningkatkan Performa Kerja Perusahaan

diko subadya
Transformasi Sistem Akuntansi Meningkatkan Performa Kerja Perusahaan

MERAWANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Tingkat kompleksitas dunia bisnis semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah konsumen, meningkatnya jumlah transaksi, serta perluasan area bisnis. Dalam dunia bisnis yang sangat kompetitif, dibutuhkan suatu cara untuk bisa meningkatkan performa kerja dalam masing-masing bidang, termasuk di dalamnya bidang akuntansi.

Membantu dalam membuat laporan manajemen dan pelaporan keuangan salah satu tanggung jawab para profesi di bidang akuntansi. Dalam pembuatan laporan tersebut, para professional memanfaatkan pesatnya perkembangan teknologi sekarang.

Teknologi digunakan untuk mempersingkat response time bagi business intelligence and analytic. Dengan response time yang semakin singkat, maka proses pembuatan laporan keuangan dan manajemen akan menjadi semakin cepat dan lebih efektif.

Di berbagai perusahaaan, sebagian besar pemilik pasti sudah sangat familiar melihat laporan keuangan yang diterimanya setiap bulan, namun walaupun sudah sangat familiar mereka kurang memahami tentang laporan keuangan serta maanfat apa yang mereka dapatkan dari laporan tersebut.

Menurut Munawir (2004), Laporan Keuangan adalah hasil akhir dari proses akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi antara data keuangan atau aktivitas suatu perusahaan dengan pihak yang berkepentingan dengan data atau aktivitas dari perusahaan tersebut. 

Tujuan disusunnya laporan keuangan yaitu untuk memberikan informasi tentang posisi keuanga, kinerja keuangan serta kemajuan yang telah dicapai perusahaan tersebut yang dimana juga bermanfaaat bagi para pengguna laporan keuangan dalam membuat keputusan-keputusan ekonomi. Namun laporan keuangan tersebut hanya mampu memberikan gambaran secara umum dari kondisi keuangan perusahaan, namun tidak mampu memberikan pemahaman secara mendalam mengenai kondisi spesifik perusahaan tersebut.

Di sisi lain, laporan manajemen mampu memberikan informasi secara lebih mendetail dalam bentuk data keuntungan dan kerugian yang berasal dari masing-masing departemen, tim atau kelompok kerja, serta jenis proyek , data pencapaian (realization rate) dan data penggunaan (utilization rate). 

keuangan akan memberikan informasi mengenai kondisi keuangan secara umum, apakah cash flow berjalan dengan lancar atau tidak, apakah jumlah profit yang masuk sesuai dengan data yang ada, dan seterusnya. Sedangkn laporan manajemen yang bersifat lebih spesifik dapat dipergunakan untuk melakukan analisa secara lebih mendalam. Bila laporan manajemen mengindikasikan adanya permasalahan pada salah satu tim, departemen, atau proyek, maka pihak pimpinan bisa segera membuat kebijakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut secepatnya.  

Pada dasarnya, laporan manajemen merupakan sebuah bukti solid yang dapat dipergunakan dalam pengambilan keputusan bisnis.

Sistem akuntansi yang dipergunakan dalam pelaporan keuangan dan pembuatan laporan manajemen mengalami perubahan yang sangat drastis berkat teknologi sehingga ada perkembangan teknologi yang merubah sistem akuntansi dalam skala global. Saat

ini, berbagai aspek kerja dalam bidang akuntansi dapat diselesaikan dengan menggunakan bantuan software. Dalam kurun waktu 1 dekade terakhir, perkembangan software terlihat sangat pesat. Beberapa software seperti software akuntansi Xero didaulat sebagai software terbaik untuk sebuah bisnis. Software telah tumbuh menjadi sebuah alat untuk membantu meningkatkan efisiensi kerja dan meminimalisir human error. 

Software yang digunakan adalah software yang benar-benar berkualitas dan juga sesuai dengan kondisi perusahaan. Software yang dipilih perusahaan harus tepat agar tidak membuat bisnis mereka mengalami kerugian dimasa yang akan datang .

Cloud computing

Dalam perubahan system akuntansi, Cloud Computing juga berperan penting dalam perkembangan teknologi akuntansi.. Cloud computing memudahkan para pengguna untuk menyimpan data secara online dan dapat dengan mudah diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Hal seperti itu memudahkan klien untuk mengirimkan data keuangan kepada konsultan keuangan dan akuntansi. Faktor keamanan dari cloud computing membuatnya menjadi semakin populer. Sistem keamanan cloud computing saat ini sudah semakin canggih sehingga hanya para pemilik data yang bisa mengakses data mereka. Sehingga data keuangan setiap perusahaan akan tetap aman dan bisa terjaga dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Mobile Device

Semakin tingginya tingkat mobilitas semakin tinggi juga tuntutan untuk bisa bekerja kapan saja dan dimana saja. Perkembangan Smartphone dengan berbagai fitur modern serta semakin kencangnya jaringan internet membuat komunikasi jarak jauh menjadi semakin mudah untuk dilakukan. Hal ini turut mempengaruhi dunia akuntansi. Para pemilik bisnis terutama bisnis kecil lebih memilih untuk melakukan pencatatan untuk semua transaksi dimanapun mereka berada. Hal tersebut mudah dilakukan karena adanya mobile device. Selain itu, mereka juga dapat dengan mudah melakukan pengecekan terhadap data keuangan dan rekening kapan saja. Komunikasi antara klien dan konsultan keuangan juga menjadi semakin mudah dan semakin aman. Kedua belah pihak dapat dengan mudah berdiskusi mengenai laporan keuangan terbaru tanpa ada batasan jarak.

Peran teknologi dalam bidang keuangan dan akuntansi sudah tidak bisa diragukan lagi. Keberadaan cloud computing, mobile device, dan berbagai jenis software telah mempermudah proses pencatatan dan pembuatan laporan. Selain itu, perkembangan teknologi juga membuat berbagai jenis tugas dapat dilakukan secara otomatis. Sistem automatisasi ini telah diadopsi oleh berbagai pihak. Keberadaan sistem ini akan meningkatkan efektifitas kerja dan mengurangi beban biaya. (BBR)

 


 

Penulis : Kesya Refita Anugrah ( Mahasiswi Jurusan Akuntansi, UBB)