Tips Kesehatan: Sederet Manfaat Air Rebusan Kelapa untuk Kesehatan, Bisa Sembuhkan Daftar Penyakit Ini

kasmirudin
Tips Kesehatan: Sederet Manfaat Air Rebusan Kelapa untuk Kesehatan, Bisa Sembuhkan Daftar Penyakit Ini
Kelapa Muda

BABELREVIEW.CO.ID -- Banyak orang mengklaim kelapa memberikan efek mejik pada tubuh mereka dengan manfaat kesehatan yang tak tehitung banyaknya. Anda mungkin pernah mendengar tentang minyak kelapa dan beberapa manfaat yang ditawarkannya. 

Adapun air rebusan kelapa akan sangat baik untuk kesehatan tubuh jika diminum rutin, dan anda akan segera merasakan khasiatnya.

Dikutipdari lalam lifegooroo.com, air kelapa dan plasma darah dalam aliran darah manusia memiliki struktur yang mirip. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan air kelapa sebagai pengganti darah saat zaman perang di masa lalu, dan dengan cara ini banyak nyawa manusia terselamatkan.

Belakangan air kelapa digunakan di seluruh dunia, dan Anda dapat menemukannya di berbagai pasar di lingkungan Anda. Mungkin rasa airnya tidak lagi segar, tetapi daya detoksifikasi dan manfaat kesehatan lainnya dari air kelapa sangat tak diragukan lagi.

Selain itu, air rebusan kelapa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih, gonore, penyakit gusi dan virus yang menyebabkan flu, infeksi berbagai penyakit dan tifus.

Tak hanya itu, air rebusan kelapa dapat meningkatkan energi dan produksi kelenjar hormon tiroid. Pada air kelapa, bertindak sebagai diuretik alami dan sangat membantu bagi orang yang memiliki penyakit ginjal.

Ini akan membantu membersihkan saluran kemih dan saluran kandung kemih. Selain itu air rebusan kelapa berkhasiat menghilangkan racun dan membantu memecah batu ginjal.

Jumlah serat pada air rebusan kelapa pun terbilang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk pencernaan. Mengonsumsi air rebusan kelapa secara teratur akan membantu mengeliminasi asam lambung.

Adapun air kelapa secara tidak langsung juga akan membantu Anda yang sedang melakukan program diet. Air kelapa rendah lemak, Anda dapat meminumnya dalam jumlah banyak.

Setelah meminum air rebusan kelapa Anda akan merasa kenyang dan mengurangi nafsu makan. Untuk mendapatkan manfaat air kelapa tersebut, Anda bisa meminumnya dengan cara direbus terlebih dahulu.

Berikut manfaat rebusan air kelapa seperti dikutip dari situs manfaat.co.id.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Air rebusan kelapa dapat membantu melancarkan saluran pencernaan sehingga makanan tercerna dengan baik dan penyerapan sari-sari makanan dapat lebih maksimal.

Hal ini tidak terlepas dari manfaat serat yang memang disarankan untuk menyehatkan pencernaan.

  1. Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal

Air rebusan kelapa memang tidak dapat mengatasi batu ginjal apabila endapan garam benar-benar sudah mengeras dan mengkristal. Namun begitu, rebusan air kelapa dapat membantu mencegah terbentuknya kristalisasi endapan tersebut agar tidak menjadi batu ginjal. Tidak hanya itu, air kelapa juga dapat menetralisir racun sehingga kinerja ginjal dapat menjadi lebih ringan dan sehat.

  1. Mencegah Dehidrasi

Kandungan air dan mineral dalam kelapa sangatlah baik untuk memenuhi asupan cairan di dalam tubuh.

Adapun air kelapa sangat sehat dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi.

Namun, bukan berarti air kelapa dapat menjadi pengganti yang lebih baik dari susu maupun manfaat air putih biasa, yang kadangkala ini menjadi pemahaman yang salah bagi sebagian orang.

Air kelapa dapat memiliki efek samping apabila dikonsumsi terlalu banyak, sehingga disarankan air putih tetap menjadi pilihan utama dalam mencegah dehidrasi.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Air kelapa juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat mencegah aterosklerosis sehingga pembuluh darah tidak menyepit akibat adanya penyumbatan oleh kolesterol tersebut. Dengan manfaat ini, penyakit hipertensi dapat dicegah.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Dengan mampu menurunkan tekanan darah, manfaat rebusan air kelapa dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung karena aliran darah relatif dapat lebih teratur dan kinerja jantung akan lebih normal dan tidak berat.

  1. Baik untuk Menu Diet

Rasa air kelapa yang manis sangat cocok digunakan untuk menggantikan berbagai macam makanan atau minuman yang mengandung banyak gula, sehingga dapat menjadi pilihan menu untuk diet yang menarik. Air kelapa rendah lemak sehingga aman.

Namun, air kelapa berbeda dengan santan kelapa.

Santan kelapa diperoleh dari parutan dan pemerasan daging buah kelapa, dimana memiliki kadar lemak jenuh yang sangat tinggi, dan ini tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan berbagai senyawa zat yang mengandung dan juga bersifat anti-mikroba membuat air kelapa baik untuk membantu tubuh menangkal zat radikal bebas dan racun berbahaya dari luar.

Hanya saja, sistem kekebalan tubuh sangatlah kompleks, sehingga butuh didukung dengan faktor lain seperti halnya rajin berolahraga, pola makan teratur, dan yang pasti terus mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi.

  1. Menyehatkan Kulit

Air kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk memberikan kesehatan bagi kulit yang tak terlepas dari manfaat vitamin C agar lebih lembut dan sehat.

Rebusan air kelapa tidak hanya dapat diminum, ada sebagian orang yang mengolahnya sebagai masker alami dan mencampurkannya semisal dengan telur, madu, dan sebagainya.

Namun, khusus untuk penggunaan dari luar, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit atau kecantikan untuk memastikan kulit Anda aman dan tidak sensitif apabila menggunakan bahan-bahan dari alam, sebab tidak semua jenis kulit cocok. (BBR)


Penulis  : Kasmir                                                    
Editor    : Kasmir 
Sumber  :Babel Review