Tiga Kabupaten di Babel Selesai Rekapitulasi Suara

kasmirudin
Tiga Kabupaten di Babel Selesai Rekapitulasi Suara
Ketua KPU Bangka Belitung, Davitri. (Foto: Diko)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilu tahun 2019 tingkat kabupaten/kota di Provinsi Bangka Belitung saat ini sedang berlangsung.

Sampai hari ini dikabarkan sudah ada tiga kabupaten yang telah menyelesaikan rekapitulasi suara yakni Bangka Barat, Bangka Tengah dan Belitung Timur. Sedangkan empat kabupaten/kota yang lain seperti Bangka Selatan, Pangkalpinang, Belitung dan Bangka saat ini masih berlangsung.

Hak tersebut diungkapkan Ketua KPU Bangka Belitung Davitri, usai memantau rekapitulasi surat suara tingkat Kota Pangkalpinang yang dilaksanakan di Hotel Sahid Pangkalpinang, Kamis (2/5).

"Alhamdulillah rekapitulasi sampai hari ini secara umum berjalan lancar. kita sudah menerima laporan, sudah tiga kabupaten yang sudah menyelesaikan rekapitulasi, sisanya kita tunggu besok," ungkap Davitri, kepada awak media.

Selanjutnya setelah rekapitulasi suara di tingkat kabupaten/kota selesai, dilanjutkan dengan rekapitulasi surat suara di tingkat provinsi yang rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu (4/5/2019) hingga Selasa (7/5/2019) mendatang.

"Setelah KPU kab/kota melakukan rekapitulasi suara, lalu KPU kab/kota membuat dan menyerahkan berita acara dan sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara kepada saksi peserta Pemilu, PPS, PPK, Bawaslu kabupaten/kota, dan KPU provinsi. Selanjutnya dilakukan rekapitulasi suara serupa seperti di tingkat kabupaten/kota baru lah nanti KPU provinsi membuat dan menyerahkan acara dan sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara peserta Pemilu kepada saksi peserta Pemilu, Bawaslu provinsi, dan KPU RI," jelas Davitri.

Lanjut ia menegaskan, selama proses rekapitulasi surat suara pihak dari Partai Politik (Parpol) memiliki hak untuk menyampaikan setiap keberatan yang dirasakan.

"Dalam proses rekapitulasi, Parpol silahkan dan diberikan kesempatan atau hak menyampaikan keberatan. Namun, tentunya dengan disertai bukti dan data yang jelas dan kami berharap peserta Pemilu dapat menghargai setiap proses Pemilu yang telah dilalui," pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Diko 
Editor    : Sanjay
Sumber  : Babel Review