Target Swasembada Daging Sapi, Gubernur Tinjau Peternakan Sapi di Desa Bakit

kasmirudin
Target Swasembada Daging Sapi, Gubernur Tinjau Peternakan Sapi di Desa Bakit
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat meninjau peternakan sapi di atas lahan bekas tambang di Desa Bakit, Kecamatan Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat, Senin (27/5/2019) sore.

PARIT TIGA, BABELREVIEW.CO.ID -- Di bulan puasa tak menyurutkan semangat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman untuk melakukan kunjungan kerja meninjau peternakan Sapi di Desa Bakit, Kecamatan Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat, Senin (27/5) sore.

Kunjungan gubernur yang didampingi kepala Dinas Pertanian Provinsi Babel, kepala Dinas Perhubungan Provinsi Babel, kepala Biro Humas dan Protokol Setda Babel, dan Biro Umum Setda Babel ini, bertujuan melihat intergrasi usaha bidang pertanian dan perternakan dalam memulihkan lahan bekas tambang.

Gubernur mengatakan, peternakan sapi milik masyarakat ini nantinya akan dijadikan tempat percontohan. Karena peternakan ini dulunya bekas tambang, kemudian dijadikan area peternakan sapi.

"Peternakan milik Pak Ahon ini sudah berkembang dan peternakan ini cikal bakal percontohan nantinya buat Pemprov Babel. Bekas tambang di daerah ini banyak sekali, makanya kita berdayakan sebagai lahan peternakan dan perkebunan," kata gubernur.

Seperti kita ketahui, lanjut Erzaldi, apabila pemerintah provinsi mau bergerak di perkebunan, maka memerlukan pupuk kompos peternakan. Oleh karena itu sebelum merambah pada perkebunan, maka budidaya peternakan harus diperbanyak lebih dahulu.

"Tujuan kita kesini untuk melihat secara teknis, apakah sudah benar dan baik. Dan juga untuk mengetahui minat masyarakat terhadap peternakan. Lahan ini akan kita jadikan percontohan kita," tuturnya.

Peternakan ini, kata gubernur nantinya menjadi percontohan buat masyarakat Babel, khususnya masyarakat Desa Bakit dan masyarakat Bangka Barat.

"Mudah-mudahan jadi inspirasi bagi masyarakat nantinya, sebab pertambangan akan beralih pada sektor perkebunan dan peternakan,'" harapnya.

Ditambahkan gubernur, setidak-tidaknya hasil peternakan sapi ini nantinya dagingnya bisa menenuhi kebutuhan daging di Babel. Sebab  target Pemprov Babel untuk swasembada daging itu 14 ribu ekor/tahun.

"Setelah mencapai target kita bisa swasembada daging sapi," ujar gubernur.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Babel, Juaidi menjelaskan, tujuan gubernur untuk meninjau peternakan sapi, kuda dan kambing, untuk melihat intergrasi usaha bidang pertanian dan peternakan dalam memulihkan lahan bekas tambang. Contohnya, kotoran sapi dijadikan pupuk organik untuk memulihkan kesuburan tanah, yang nantinya bisa menyuburkan tanaman,  misalnya saja tanaman jenis lada.

"Kita lagi mempersiapkan lahan untuk menanam lada, karena ada program SEKSI (Selamatkan lahan eks tambang, sejahterakan petani)  di tahun 2020," katanya. (BBR)


Penulis  : Mislam (CJ)
Editor    : Kasmir
Sumber : Pemprov Babel