Tandai kehadirannya di Babel, Semen Baturaja langsung Gandeng PT Timah Perkuat Sinergi BUMN

kasmirudin
Tandai kehadirannya di Babel, Semen Baturaja langsung Gandeng PT Timah Perkuat Sinergi BUMN
Dirut PT Timah Tbk, M Riza Pahlevi Tabrani dan Direktur Utama (Dirut) SMBR, Rahmad Pribadi melakukan penandatangan MoU kerja sama. (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW – Kehadiran Semen Baturaja di Bangka Belitung diawali dengan Memorandum Of Understanding (MoU) antara PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) dengan PT. Timah Tbk, yang digelar di Graha  Timah, Jum'at (14/9/2018) malam.

Kerja sama kedua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut, dituangkan dalam dalam Nota Kesepahaman/ Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandantangani langsung oleh Direktur Utama (Dirut) SMBR, Rahmad Pribadi, dengan Dirut PT Timah Tbk, M Riza Pahlevi Tabrani.

Dirut PT Timah, M Riza Pahlevi Tabrani dalam sambutannya menyampaikan, sinergi ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada kedua BUMN.

 "Semoga kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi PT Timah dan Semen Baturaja dan kerja sama ini dalam perjalanannya dapat berjalan lancar," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Dirut SMBR Rahmad Pribadi mengatakan, kerja sama ini sebagai bentuk upaya memperkuat sinergi antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Nota kesepahaman berlaku selama tiga tahun sejak ditandatangani. Selama itu kita akan menyuplai kebutuhan semen untuk proyek pembangunan di lingkungan PT Timah," ujarnya.

Rahmad mengutarakan BUMN yang dipimpinnya selama setahun terakhir memproduksi semen Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe I, Portland Composite Cement (PCC) serta tipe semen lainnya.

Rahmad menambahkan jika SMBR memiliki pabrik di tiga lokasi yaitu Lampung, Baturaja dan Palembang.  Saat ini, SMBR menurut Rahmad semakin mengukuhkan diri untuk terus menjadi market leader di wilayah Sumatera Bagian Selatan dan Tengah.

Ke depan, Rahmad menambahkan, manajemen memiliki target untuk menjadi market leader di Pulau Sumatra maupun nantinya di Indonesia.

Pertumbuhan konsumsi semen di Sumatera yang menurut Rahmad mencapai 5-8 persen, mampu dilampaui Semen Baturaja yang hingga saat ini bisa tumbuh hingga 12 persen.

“Sehingga kami masih memiliki peluang yang sangat besar untuk terus menjadi Green Cement Based Building Material Company terdepan di Indonesia,” katanya.

Saat ini, Rahmad menyampaikan SMBR tengah melakukan penetrasi untuk memasuki wilayah pasar baru, terutama di Bangka Belitung dan sekitarnya.

Hal itu menurut Rahmad Tercermin dalam Quick Win Initiatives atau Inisiatif Tiga Gajah yang telah dicanangkan oleh manajemen SMBR sebagai langkah strategis untuk mencapai semua target. Salah satunya, kata Rahmad, adalah dengan adanya berbagai Sinergi BUMN yang merupakan bagian yang sangat penting dalam Inisiatif Tiga Gajah.

Menurut Rahmad, penandatanganan nota kesepahaman adalah komitmen awal dalam rangka mewujudkan kerja sama yang saling menguntungkan dan mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

“Dengan tetap memperhatikan prinsip Good Corporate Governance (GCG) SMBR sebagai produsen semen milik negara tugasnya menjamin kelancaran ketersediaan semen di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya di Sumatera Bagian Selatan diharapkan kerja sama ini dapat menjamin kelancaran operasional masing-masing perusahaan,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Rahmad juga menandatangi Nota Kesepahaman tentang kerja sama Transportasi Logistik antara SMBR dengan PT. Pos Logistik Indonesia (Poslog) dan PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra) termasuk penandatanganan Term Sheet Akuisisi Saham Tambang Batubara milik PT Selo Argodedali. (BBR)


Penulis : Diko
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview