Setiap Petani Dapat 500 Bibit Sahang, Gubernur: Jika Kurang Bagus Lapor Saya  

Admin
Setiap Petani Dapat 500 Bibit Sahang, Gubernur: Jika Kurang Bagus Lapor Saya  
Foto :IST

 BANGKA SELATAN, BABELREVIEW.CO.ID  - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, di dampingi Kepala Dinas Pertanian Provinsi Babel, Juaidi, menyerahkan secara langsung Bibit Lada Kepada 11 Kelompok Tani (Poktan) Desa Nangka, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan.

Penyerahan Bibit Lada secara simbolis oleh Gubernur itu, berlangsung di Balai Desa Nangka, Selasa (29/10/2019) pagi.

Kepada para Petani Lada Desa Nangka, Gubenur meminta untuk tetap semangat dalam menanam lada, walaupun harga tanaman lada menurun. Dengan tetap semangat, pas harga lada naik bisa menjualnya.

Walau harga turun, lajut Gubernur, Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Babel terus berupaya membagikan bibit lada gratis kepada para petani, yaitu 500 batang diberikan secara gratis untuk satu orang petani lada.

Gubernur juga menghimbau para Petani Lada untuk menanam lada dengan baik, sesuai dengan petunjuk teknis menaman lada, sehingga hasilnya panen lada melimpah dan kualitasnya baik.

Kata Gubernur, jika bibit lada yang diberikan kurang bagus, silahkan lapor ke dirinya, dikembalikan dan minta ganti yang baru. "Jika bibit ladanya kurang bagus, lapor ke saya lewat WA atau telpon langsung, mis call," ungkap Gubernur.

Kepala Dinas Pertanian Babel, Juaidi, menambahkan, Desa Nangka nanti akan dijadikan sebagai sentra Lada. Desa Nangka nantinya jadi pilot projek  rehabilitasi junjung tanaman lada, sehingga nantinya lada bisa di tanam kembali. Selain itu meningkatkan produktivitas dan perluasan lahan lada.

Di tempat yang sama, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Provinsi Babel, Heri, menjelaskan Program Pengembangan Tanaman Perkebunan Lada, Karet, Sawit, tanaman pangan hultikultura seperti Padi, Cabe dan Bawang Merah serta pertenakan.

"Program tersebut untuk menunjang program Gubernur tentang 3 S, yaitu sahang atau lada, sapi dan sawah," terang Heri.

Berkenaan bantuan bibit lada ini, Heri berharap agar masyarakat dapat memanfaatkannya dengan sebaik - baiknya dan terlihat manfaat nanti.

Ucapan terima kasih disampaikan Sabdo, Kaur Desa Nangka kepada Gubernur Erzaldi yang telah memberikan bantuan bibit lada kepada Poktan Desa Nangka. “Mudah - mudahan bantuan ini, dapat mensejahterakan para petani lada di Desa Nangka,” harap Sabdo.

Kelompok Tani yang mendapat bantuan bibit lada diantaranya Kelompok Tani Akar Harek, MakmurJaya, Ranggas Makmur, Tani Jaya, Sadar Lingkungan, Meralin, Jaya Makmur, Mulya Sari, Mekar Jaya, Garuda Jaya, dan Kelompok Tani Kamboja.

Selain penyerahan bibit lada, dalam waktu bersamaan, Gubernur Erzaldi juga menyerahkan bantuan Pembangunan dan Rehab Unit Pengelolaan Ikan, kepada UPI Karya Leluh. (Ahada/BBR)


Penulis  : Ahada
Editor    : Ahada
Sumber : Babel Review