Polandia Lirik Investasi di Pulau Belitung

Admin
Polandia Lirik Investasi di Pulau Belitung
foto:vera vlesia

MANGGAR, BABEL REVIEW --  Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) terus melakukan berbagai upaya guna mendorong perkembangan sektor perekonomian daerah. Berbagai upaya ditempuh itu untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada sektor swasta, baik domestik maupun asing, untuk berpartisipasi dalam pembangunan nasional. 

Baru-baru ini Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska mengunjungi Pulau Belitung dan berkesempatan ke Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Selama satu hari di Beltim, Sabtu (2/11), ia sangat terkesan melihat berbagai obyek wisata dan potensi daerah Beltim. Polandia berminat untuk menanamkan modalnya di Pulau Belitung terutama di bidang pariwisata, perdagangan, pertanian dan perikanan.

          Dubes Polandia berkunjung ke Beltim didampingi Kepala Kantor Perdagangan dan Investasi Polandia di Jakarta Jacek Kolomyjec, petugas politik Kedutaan Besar Polandia Michal Weglarz, ahli kantor perdagangan dan investasi Polandia Cezary Filipek serta delegasi Kementerian Luar Negeri RI.

“Saya sangat terkesan Pulau Belitung dan membawa rekan-rekan dari kedutaan besar. Kita ingin cari peluang usaha di sini, terutama untuk perdagangan dan investasi,” kata Beata usai mendengarkan pemaparan terkait peluang usaha di Kabupaten Beltim saat di ruang rapat Bupati Beltim.

         Keramahan dan keindahan Pulau Belitung memberikan kesan tersendiri bagi Beata dan rombongan. Ia pun menyatakan akan segera melaporkan hasil kunjungan selama di Pulau Belitung ke Polandia agar ada tindak lanjut, baik dari para investor maupun agen-agen wisata di sana.

“Laut yang indah, orang-orangnya yang sangat menyenangkan, cuacanya juga bagus. Dan selalu ingat keramahan masyarakat adalah kunci utama menggaet wisatawan,” ujar Beata.

Dari hasil peninjauan ke berbagai lokasi dan pemaparan, baik di Kabupaten Belitung dan Beltim, Beata menyatakan banyak melihat peluang investasi di bidang pariwisata, pertanian, dan perikanan.

“Kalian banyak sekali ikan di sini, kebetulan kami habis meninjau pasar ikan. Atraksi wisata yang ditampilkan juga sangat menarik, cocok untuk wisatawan Polandia,” ujar Beata.

          Begitu juga Kepala Kantor Perdagangan dan Investasi Polandia di Jakarta Jacek Kolomyjec mengungkapkan bahwa penanaman modal di sektor pariwisata menjadi sangat penting karena menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan bagi investor.

“Pulau Belitung sangat cocok untuk investasi wisata. Sangat indah, masih alami, pasirnya putih dan bersih sekali, apalagi dibandingkan dengan yang di Pulau Jawa. Jadi kalau ditanya sektor apa yang akan kita investasi, itu pasti pariwisata,” kata Jacek. (BBR)

 

Bali Baru

 

JACEK pun berjanji akan mempromosikan investasi pariwisata di Kabupaten Beltim kepada rekan-rekan investor Polandia. Apalagi menurutnya, program pemerintah pusat 10 Bali Baru sangat pantas disematkan bagi Pulau Belitung.“Saya sangat setuju dengan pemerintah Indonesia, harus ada lebih dari ‘Satu Bali’. Dan menurut saya Pulau Belitung sangat cocok untuk menjadi destinasi baru, mungkin di masa depan lebih terkenal dari Bali yang asli,” puji Jecek.

Wakil Bupati Beltim, Burhanudin alias Aan sangat mendukung rencana Pemerintah Polandia yang akan menanamkan modalnya ke Kabupaten Beltim.“Kita apresiasi kunjungan Dubes Polandia yang ingin investasi di Beltim untuk memanfaatkan sumber daya alam, baik yang menyangkut masalah perikanan, terus pariwisata serta pelabuhan untuk perdagangan,” kata Burhanudin.

Aan juga berharap agar setelah adanya kunjungan Dubes, informasi tentang keindahan dan keramahtamahan masyarakat Beltim akan jadi penarik wisatawan asal Polandia yang akan mengunjungi Pulau Belitung. (BBR)