Pemprov Adakan Bimtek Penyusunan Indikator Kinerja Individu untuk Pegawai

kasmirudin
Pemprov Adakan Bimtek Penyusunan Indikator Kinerja Individu untuk Pegawai
Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Kinerja Individu, kepada para Pegawai di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di kantor gubernur Babel, Rabu (24/7/2019). (Pemprov Babel)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Kinerja Individu,  kepada para Pegawai di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tujuannya adalah untuk mengukur capaian kinerja setiap pegawai, mengukur kemampuan pegawai sesuai jabatan, sebagai bahan penyusunan perjanjian kinerja dan sasaran kerja pegawai serta sebagai tolak ukur pemberian tunjangan kinerja nantinya.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Bangka Belitung, H. Abdul Fatah, Rabu (24/7/2019) Pagi di Ruang Computer Sissistend Tes (CAT) Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Air Itam, Pangkal Pinang.

Kepada 84 peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Kinerja Individu, Wagub berharap natinya setiap pegawai akan mampu mengidentifikasi kualitas kinerja masing-masing dan mempunyai sasaran dan tujuan kerja yang jelas, terarah serta terukur. Sehingga setiap pegawai akan memperoleh informasi ukuran keberhasilan, sesuai jabatan yang diembannya.

"Saya berharap saudara lebih memahami indikator kinerja, jika sudah baik kita harus tahu sasaran kinerjnya. Oleh karena itu harus memahami mengeni lingkungan di mana kita kerja, salah satunya sistemnya," kata wagub.

Menurut Abdul Fatah, indikator kinerja individu merupakan sesuatu yang harus dihitung dan diukur sebagai parameter dalam penilaian kinerja setiap pegawai di lingkungan pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Oleh karena itu, katanya, kinerja akan jelek nantinya berdampak pada kinerja yang kurang baik. Oleh sebab itu dengan adanya kegiatan ini tolak ukur Kinerja bertambah baik.

"Kinerja sudah baik, namun perlu ditingkatkan lagi," tuturnya.

Alasan utama mengundang narasumber dari Provinsi DIY, menurut wagub daerah DIY adalah daerah yang sudah menerapkan indikatir kinerja individu ke dalam SKP. Selain itu DIY merupakan provinsi satu satunya yang nilai SAKIP-nya mendapat AA. Sehingga Pemprov Babel perlu belajar dan menyerap ilmu yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Kabag Pengembangan Kinerja Biro Organisasi Setda Bangka Belitung, Wardati mengatakan kegiatan ini nantinya dapat diterapkan ke dalam SKP dan dapat merubah budaya kerja ASN Pemprov Babel.

Acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Kinerja Individu, yang diprakarsasi Biro Organisasi Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dihadiri oleh OPD terkait di lingkungan Pemprov Babel. (BBR)


Penulis  : Mislam (CJ)
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review