Pemkab Bangka Selatan Dorong BUMDes Jadi Penggerak Ekonomi Desa

kasmirudin
Pemkab Bangka Selatan Dorong BUMDes Jadi Penggerak Ekonomi Desa
Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid. (dok)

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan,  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong Badan Usaha Milik Desa(BUMDes) menjadi motor penggerak ekonomi desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan salah satu cara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di wilayah pedesaan. Untuk itu saya harap BUMDes harus berperan menjadi lembaga kunci penggerak ekonomi desa," Kata Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid di Toboali, Kamis.

Menurut dia, didalam BUMDes terdapat aspek pemberdayaan secara utuh, tidak hanya pemberdayaan ekonomi, melainkan juga pembangunan kelembagaan, penguatan kapasitas SDM dan manajerial, pengembangan jejaring ekonomi dan hilirisasi ekonomi.

"Jika semua aspek ini berjalan tentu, sebagai motor penggerak ekonomi, target untuk mensejahterakan masyarakat desa bukan hanya jadi isapan jempol belaka," katanya.

Disamping itu, dengan potensi alam bangka selatan yang tersebar diseluruh desa tentu menjadi modal dasar dalam upaya untuk mendukung BUMDes dalam mensejahterakan masyarakat.

"BUMDes merupakan lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa, untuk itu pengelola harus bisa membaca peluang dan potensi yang ada untuk dikembangkan," katanya.

Selain itu, untuk mencapai tujuan, Kades dan Perangkat Desa serta pendamping desa harus bekerja keras dan berkolaborasi dalam menuangkan pikiran positif untuk menyusun program strategis Bumdes.

"Mari semuanya bekerja dengan maksimal dan mari kita satukan visi dan misi agar Bangka Selatan khsusunya wilayah pedesaan semakin maju," katanya.(BBR)


Penulis : Ant           
Editor   : Kasmir
Sumber : Babelreview