Pabrik Sorgum Segera Beroperasi

Admin
Pabrik Sorgum Segera Beroperasi
Foto:Diko

Pabrik Sorgum Segera Beroperasi Dedi Hartadi menjelaskan bahwa pertengahan tahun akan mulai beroperasi pabrik pengolahan sorgum di Bangka Tengah yang siap menampung hasil panen para petani. Keberadaan pabrik sorgum pun pastinya akan terus mendorong masyarakat untuk menanam sorgum karena targetnya setiap kabupaten terdapat 500 hektar lahan sorgum.

 Hasil olahan sorgum berupa beras sorgum, tepung sorgum dan produk turunan lainnya nanti untuk memenuhi konsumsi nasional maupun ekspor ke luar negeri. “Kalau pasar Bangka Belitung saya jual beras sorgum diatas Rp 18 ribu per kilogram. Saat ini untuk konsumsi lokal saja belum bisa terpenuhi karena banyak permintaan karena sekarang sorgum sudah mulai diminati sebagai makanan sehat pengganti beras, kalau orang belum pernah makan memang awalnya terasa berbeda karena kandungan gulanya rendah kemudian bentuknya bulat seperti butiran.

Sedangkan untuk pasar nasional permintaan Bogasari saja sampai saat ini belum terpenuhi karena memang untuk kue atau roti tepung yang bagusnya itu sorgum dibanding tepung gandum,” jelasnya. Menurut Dedi Hartadi, ia sudah mendapat dukungan dari Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, yakni dengan memberikan izin memanfaatkan lahan milik Pemprov sebagai lahan sorgum.

Dalam waktu dekat ini akan keluar surat keputusan Gubernur melalui Bappeda Babel untuk membentuk tim sebagai leading project untuk merancang pengembangan sorgum di Bangka Belitung. Tim yang terdiri dari beberapa OPD akan berkoordinasi dan bekerjasama dengan perusahaan pabrik pengolahan sorgum membahas potensi mengangkat nilai kesejahteraan petani dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Kami dari pemprov akan membuat regulasi seperti apa pemasarannya, regulasi penelitiannya bagaimana, kita juga akan merangkul akademisi, pebisnis dan komunitas. Sehingga perusahaan kita harapkan bermitra dengan pemerintah provinsi,” ujarnya. (BBR)