Ngabuburit Ala Komunitas Multicopter Sungailiat

kasmirudin
Ngabuburit Ala Komunitas Multicopter Sungailiat
Komunitas Multicopter Sungailiat sering berkumpul tukar pikiran, sambil menunggu waktu berbuka. (Foto: Irwan)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Pada bulan suci Ramadhan banyak kegiatan dilakukan masyarakat, untuk menunggu waktu berbuka atau biasa disebut ngabuburit. Seperti yang dilakukan Komunitas Multicopter di Sungailiat, Kabupaten Bangka ini. Mereka   ngabuburit sambil menerbangkan drone bersama-sama, sambil tukar pikiran mengenai perkembangan pesawat tanpa awak ini.

Ketika sudah berkumpul satu-persatu anggota mengeluarkan perlengkapan pesawat tanpa awak atau drone. Beraneka jenis dan ukuran drone berkumpul untuk siap diterbangkan bersama-sama.

Dalam kegiatan ngabuburit, Komunitas Multicopter Sungailiat memilih berkumpul di Taman Sari Sungailiat, karena memiliki area yang cukup luas untuk menerbangkan drone.

Tak sekedar berkumpul, mereka juga saling tukar informasi mengenai perkembangan teknologi drone dan tehnik pengambilan gambar di udara.

“Kita menyempatkan waktu sekitar sebulan dua kali pertemuan, sharing tentang aktifitas bisa juga bagi-bagi job biasanya. Sore ini kita kumpul-kumpul ngabuburit sekalian juga banyak anggota baru yang mau bergabung di Multicopter Sungailiat ini,” ujar Ketua Multicopter Sungailiat, Dedi.

Dedi menjelaskan, untuk belajar mengoperasikan drone tak perlu takut, selama penggunaaan drone sesuai aturan. Bagi pemula yang ingin belajar mengoperasi drone diperlukan waktu yang tidak lama hingga mahir.

“Kesulitannya tidak ada sebenarnya, tergantung niat dan semangat untuk pemula juga bisa dalam waktu singkat bisa menerbangkan drone. Kalau hanya untuk menerbangkan sekarang ini fitur-fitur drone sudah canggih mungkin sekitar 30 menit sudah bisa menerbangkannya,” jelasnya.

Keberadaan Komunitas Multicopter ini juga untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada anggota mengenai aturan menerbangkan drone. Selain itu juga mengajak anggota memanfaatkan hasil foto dan video untuk mempromosikan potensi daerah melalui media sosial. (BBR)


Penulis  : Irwan
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review