Mulkan Harap Kepala Desa dan BPD Dapat Bersinergi

kasmirudin
Mulkan Harap Kepala Desa dan BPD Dapat Bersinergi
Bupati Bangka Mulkan, S.H.,M.H., melantik sebanyak 51 anggota BPD dari 9 desa se - Kecamatan Bakam di Kantor Camat Bakam, Selasa (26/11/2019). (Foto:Istimewa)

BAKAM, BABELREVIEW.CO.ID -- Bupati Bangka Mulkan, S.H.,M.H., melantik sebanyak 51 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 9 desa se - Kecamatan Bakam di Kantor Camat Bakam, Selasa (26/11/2019).

Bupati Bangka dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada anggota BPD terpilih, karena telah mengeluarkan tenaga dan pikiran selama untuk mendapatkan jabatan tersebut.

Menurutnya, saat ini untuk menjadi anggota BPD sangat sulit tidak seperti sebelumnya. Karena kalau dulu anggota BPD dipilih oleh kepala desa tetapi kalau saat ini harus dipilih oleh warga dari dusun masing-masing.

"Jadi bagi anggota BPD saat ini mempunyai tanggung jawab dan amanah yang dipercayakan oleh dusun masing-masing didalam melaksanakan kegiatan ataupun program Desa Agara mengakomodir dari aspirasi-aspirasi setiap dusun," ungkapnya.

Ia menambahkan, setelah selesainya pelantikan ini diharapkan tidak adanya keragu-raguan bagi anggota BPD yang terpilih. Jadi secara hukum sudah sah dan harus siap untuk bekerja.

"Saya inginkan bahwa antara BPD Dan kepala desa harus harmonis dalam melaksanakan pekerjaan. Jadi tidak ada lagi penafsiran bahwa keberadaan BPD itu gamang, dan keberadaannya Bersama-sama pemerintah desa dalam menyelenggarakan pemerintahan desa. Jadi bukan bagian dari pemeriksaan desa," jelasnya.

Menurutnya, semua itu sudah dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014, bahwa pemerintah desa itu terdiri dari pemerintah desa dan BPD.

"BPD harus Bersama-sama dengan pemerintah desa dalam melaksanakan pemerintahan desa. Jadi silahkan, program-program pemerintah desa nanti dilakukan bersama-sama. Jadi nantinya tidak ada lagi keinginan hanya dari kepala desa atupun BPD saja," ujarnya.

Bupati sangat berharap BPD jaga keharmonisan dengan pemerintah desa, jadi tidak ada lagi pengelompokan. Jangan sendiri-sendiri lagi dalam menjalankan program desa.

"Jangan sampai nantinya ada suatu keegoan, gunakanlah musyawarah dan mufakat. Apapun keputusannya harus sama, tidak ada yang disembunyikan. Agar tidak menimbulkan adanya konflik interest. Kami menginginkan kedepannya antara kepala desa dan BPD harus bersinergi dalam melaksanakan program desa, sehingga semua program dapat berjalan dengan baik," tutup bupati Bangka. (BBR)


 

Penulis  : Ibnu  
Editor    : Kasmir
Sumber  :Babel Review