Markus: Giatkan Mitigasi untuk Pencegahan Bencana Dini

kasmirudin
Markus: Giatkan Mitigasi untuk Pencegahan Bencana Dini
Pelatihan penanggulangan bencana yang dilakukan BPBD Babar dengan BPBD Babel.(foto:buditio)

MUNTOK, BABELREVIEW --  Wakil Bupati, Markus, SH berharap agar peserta dapat berpartisipasi dalam mitigasi bencana di daerah masing-masing.

"Relawan harus dapat menjadi informan kepada masyarakat sekitar, bahwa bencana dapat dicegah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat," jelas Markus, saat pelatihan penanggulangan bencana yang diikuti 100 peserta bertempat di Hotel Pasadena Muntok, Bangka Barat Kamis (5/7.2018).

Kepala Dinas Pol PP BPBD Bangka Barat, Sidharta Gautama, S. STP mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada relawan untuk memiliki kemampuan dalam membuat peta bencana. Sehingga bisa melakukan persiapan dini.

"Efek lebih lanjut yang diharapkan adalah mempersiapkan arah pembangunan yang berwawasan pada penanggulangan bencana di desa-desa di Kabupaten Bangka Barat", jelasnya.

Ia mengatakan, pada ruang lingkup yang lebih luas mereka mengarahkan kepada partisipasi aktif masyarakat dalam penanggulangan bencana. Ketika masyarakat sudah secara aktif berperan dalam pencegahan bencana, maka harapannya adalah Bangka barat akan bebas bencana.

Kegiatan itu dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung bekerjasama dengan BPBD Bangka Barat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Bangka Barat, Kepala Pelaksana BPBD Bangka Belitung dan jajarannya, anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) Bangka Belitung, Kepala Dinas PU, Sekretaris Setwan, perwakilan dari beberapa OPD terkait, diantaranya Dinkes, PPTSP dan Dikpora.

Acara dilanjutkan dengan simulasi mitigasi bencana yang dilakukan oleh gabungan relawan BPBD Bangka Barat dan PMI.(BBR)


Penulis : Buditio
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview