Manfaatkan Pos Anggaran Pemberdayaan, Desa Tanah Bawah Lakukan Panen Cabai

kasmirudin
Manfaatkan Pos Anggaran Pemberdayaan, Desa Tanah Bawah Lakukan Panen Cabai
Desa Tanah Bawah, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka, saat melakukan panen cabe, pada Sabtu (29/6/2019) lalu.

PUDING BESAR, BABELREVIEW.CO.ID -- Desa Tanah Bawah, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka, melakukan panen cabai hasil dari pemberdayaan desa.

Kepala Desa Tanah Bawah, Holidi mengatakan, pelaksanaan panen yang dilaksanakan pada 29 Juni 2019 lalu tersebut merupakan hasil pemberdayaan desa yang pengelolaannya menggunakan anggaran pemberdayaan dari dana desa.

“Dana desa sudah seharusnya dialokasikan untuk pemberdayaan, salah satunya dengan membuat pos anggaran untuk potensi pertanian tanaman holtikultura di Desa Tanah Bawah," ujarnya.

Ia menjelaskan, dari pemberdayaan tersebut, sekarang sudah terlihat hasilnya. Akhir bulan kemarin Desa Tanah Bawah melakukan panen cabai di lahan seluas 1/4 hektare.

"Tanaman holtikultura program pemberdayaan desa yang kita panen bulan lalu ada 2 jenis, yaitu cabai kriting dan cabai kecil. Dalam seluas lahan 1/4 tersebut sekitar 6 ribu batang cabe yang terdiri dari 4000 ribu batang cabai kriting dan 2000 batang cabai kecil," jelasnya.

Namun, ia mengatakan saat ini baru tanaman cabai kering yang baru dipanen, dan tidak lama lagi akan segera kembali melaksanakan panen cabai kecil.

"Dalam pemberdayaan ini, langkah yang akan dilakukan ialah perawatan secara intensif seperti pemupukan dan penyemprotan serta penyiraman secara berkala. Dalam hal ini peran pemdes sangat diharapkan demi peningkatan potensi desa dalam bidang holtikultura," jelas Holidi.

Kades berharap, ada peran masyarakat dalam usaha budidaya holtikultura supaya bisa meningkatkan peningkatan kapasitas ekonomi masyarakat.

"Bantuan pemdes seperti alat pertanian dan bahan pertanian untuk budidaya tanaman holtikultura rutin dilaksanakan, tinggal peran bantuan masyarakat dalam pengembangannnya," pungkas Holidi.

Saat acara panen, turut hadir para sarjana membangun desa (SMD) selaku pendamping petani dalam budidaya cabe, pemilik cabe serta masyarakat sekitar. (BBR)


Penulis  : Faisal
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review