KPU Bateng Tetapkan Caleg DPRD Terpilih Pada 4 Juli

kasmirudin
KPU Bateng Tetapkan Caleg DPRD Terpilih Pada 4 Juli
Komisioner KPU Bangka Tengah, Divisi Teknis, Mahendra Juliansyah. (Foto: Faisal)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- KPU Bangka Tengah akan menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah, pada Pemilu legislatif yang dilaksanakan pada 17 April 2019 yang lalu.

Dalam pelaksanaan rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Bangka Tengah, akan dilakukan pada Kamis,(4/7/2019) di Hotel Santika Bangka.

Komisioner KPU Bangka Tengah, Divisi Teknis, Mahendra Juliansyah mengatakan, sesuai aturan setelah registrasi keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan selambat-lambatnya selama Ttiga hari setelah dikeputusan MK. maka KPU kabupaten dan kota segera melakukan rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD kabupaten.

"Sembari menunggu registrasi keputusan MK yang dilakukan dari tanggal 1 Juli 2019 kemarin, maka paling lambat tiga hari setelah keputusan MK maka KPU kabupaten atau kota menetapkan perolehan kursi partai politik dan penetapan calon terpilih untuk anggota DPRD kabupaten,"ujarnya, Selasa (2/7/2019).

Ia menjelaskan, sesuai dengan jadwal, Mahkamah Konstitusi memutuskan BRPK (Buku Registrasi Perkara Konstitusi) pada Senin (1/7) dan keputusan MK tersebut mengeluarkan registrasi daerah mana saja yang ada perselisihan hasil pemilu. Setelah itu MK mengirimkan salinan hasil Keputusan pemilu 2019 kepada KPU RI dan oleh KPU RI diteruskan kepada KPU provinsi yang kemudian di teruskan kepada KPU kabupaten/kota.

"Untuk penetapan perolehan kursi partai politik dan calon anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah insya Allah tidak ada gugatan. Sehingga penetapan perolehan kursi partai politik dan penetapan calon anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah sesuai jadwal yakni hari Kamis (4/7) di Hotel Santika Bangka,"ucapnya.

Mahendra menambahkan, dalam rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan penetapan calon anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah terpilih, pihaknya akan mengundang di antaranya bupati Bangka Tengah, Kajari Bangka Tengah, Kapolres Bangka Tengah, ketua DPRD Bangka Tengah, Makorem, Pengadilan Negeri Koba, KPU Provinsi, Bawaslu Bangka Tengah, pimpinan parpol, Kesbangpol dan calon anggota DPRD Kabupaten terpilih.

"Harapan kita rapat pleno penetapan perolehan kursi Parpol dan penetapan calon anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah, dapat berjalan dengan lancer. Karena tahapan pemilihan hingga tahapan terakhir di MK tidak ada gugatan dari parpol maupun calon dari anggota DPRD kabupaten, dengan begitu artinya penetapan perolehan kursi maupun penetapan calon anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah dapat ditetapkan," pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal 
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review