KPU Babar Tetapkan DPT 128.716 Pemilih

kasmirudin
KPU Babar Tetapkan DPT 128.716 Pemilih
Rapat pleno KPU Kabupaten Bangka Barat yang menetapkan DPT sebanyak 128.716 orang, Senin (10/12/2018). (foto:Buditio)

MUNTOK, BABEL REVIEW -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat (Babar), melakukan penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan tahap dua (DPTHP-2), Senin (10/12/2018)

Dari hasil penetapan ini jumlah pemilih pada pemilihan umum 2019 untuk Kabupaten Bangka Barat berjumlah 128.716 orang, dengan rincian 66.298 pria dan 62.418 perempuan.

"Jumlah ini final untuk pemilih tingkat Kabupaten Bangka Barat, selanjutnya akan dilakukan pleno oleh pusat untuk menetapkannya," ungkap Ketua KPU Babar, Pardi.

Pardi menerangkan, bahwa KPU Babar juga masih menunggu keputusan dari KPU RI terkait jika ada penambahan jumlah pemilih.

"Kami hanya menanti kebijakan dari KPU Pusat, apakah proses penetapan DPT ini dilanjutkan lagi atau tidak. Misalnya, diberi perpanjangan waktu untuk perbaikan lagi kami siap. Kami tidak berani memastikan, kami hanya melaksanakan arahan dari KPU Pusat bahwa perbaikan di tingkat kabupaten hari ini," terangnya.

Pardi menambahkan, bahwa bagi warga negara yang memiliki hak pilih tetapi belum terdaftar dalam DPT juga masih dapat menggunakan hak suaranya nanti.

"WNI sudah cukup umur/sudah menikah, tetap bisa memilih selama yang bersangkutan memiliki KTP elektronik. Artinya, kalau dia memiliki identitas tersebut tetap bisa memilih di hari pemilihan ini. Namanya DPK (Daftar Pemilih Khusus), artinya pemilih yang tidak terdaftar di DPT tetap diberikan kesempatan selama memiliki KTP elektronik," jelasnya. (BBR)

 


Penulis : Buditio
Editor   : Kasmir
Sumber :Babelreview