Kebutuhan Uang Tunai Selama Ramadan dan Idul Fitri Meningkat 58 Persen

kasmirudin
Kebutuhan Uang Tunai Selama Ramadan dan Idul Fitri Meningkat 58 Persen
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Babel menggelar Program Rupiah Untuk Negeri di Pasar Pagi Pangkalpinang, Senin (20/5/2019). (Foto: Irwan)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung memperkirakan kebutuhan uang tunai pada Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri, akan ada peningkatan drastis sekitar 58 persen dari tahun sebelumnya.

“Kalau tahun sebelumnya di bulan Ramadhan Rp 1 triliun 4 juta, sedangkan tahun ini diperkirakan naik sekitar 58 persen menjadi Rp 1 triliun 650 miliar,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Babel Tantan Heroika, Senin (20/5/2019) saat Program Rupiah Untuk Negeri di Pasar Pagi Pangkalpinang.

Dikatakan Tantan, peningkatan kebutuhan uang tunai tersebut merupakan indikasi yang bagus bagi ekonomi. Karena merupakan cerminan kebutuhan uang yang semakin meningkat dan menunjukkan bahwa perekonomian di Bangka Belitung dalam kondisi yang bagus.

“Kalau kita lihat penukaran sudah agak naik, tapi masih belum sangat signifikan. Karena masyarakat butuh amunisi butuh gajian dan THR yang nantinya akan digunakan. Jadi dalam jangka pendek ini kenaikan sudah ada, tapi belum signifikan. Kita perkirakan nanti menjelang liburan panjang yang harus kita antisipasi,” tukasnya.

Tantan juga berharap nasabah atau masyarakat umum di seluruh Bangka Belitung, dapat terlayani dengan baik dalam penukaran uang pecahan atau penarikan uang.

“Kami berharap masyarakat Bangka Belitung dapat memanfaatkan pelayanan ini, sehingga masyarakat dapat dengan nyaman, aman, untuk memanfaatkan pelayanan penukaran uang ini,” harapnya.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Babel bekerja sama dengan tiga bank BUMN, yakni Bank Mandiri, BNI dan BRI melakukan pelayanan penukaran kepada nasabah dan masyarakat umum selama lima hari dari tanggal 20 sampai tanggal 24.

Adapun penukaran dilakukan di 14 titik, yakni di Pasar Pagi, BTC, Ramayana, Pasar Trem, Pangkalbalam, Terminal Keramat, Bandara Depati Amir dan beberapa lokasi lain seperti Kantor PT Timah dan Bhay Park. Khusus di Bhay Park, BI akan melayani penukaran selama lima hari berturut-turut dari pukul 15.00 sampai 17.00 WIB.

Tak hanya itu saja BI juga bekerja sama dengan 57 bank yang tersebar di seluruh kabupaten/kota untuk memberikan pelayanan penukaran uang di masing-masing kantor bank. (BBR)


 

Penulis  : Irwan
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review