Inspektorat Basel Audit APBDes Tiga Desa

kasmirudin
Inspektorat Basel Audit APBDes Tiga Desa
Kepala Inspektorat Daerah Bangka Selatan, PD Marpaung. (Foto: Andre)

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Inspektorat Daerah Bangka Selatan (Basel) akan mengaudit tiga desa terkait pengelolaan APBDes Bangka Kota TA 2017, bantuan pihak ketiga yang diterima Desa Bencah tahun 2012 sampai 2017 serta pemberitaan media terhadap pelaksanaan empat kegiatan di Desa Nangka.

Kepala Inspektorat Daerah Basel, PD Marpaung mengatakan, audit tersebut dilakukan masing-masing berdasarkan permintaan dari pihak kepolisian, permintaan desanya sendiri serta adanya pemberitaan dari media.

Untuk Desa Bangka Kota, sambungnya, audit dilakukan sesuai permintaan Polres Basel tanggal 5 Maret 2019, agar Inspektorat melaksanakan audit pengelolaan keuangan APBDesa Bangka Kota tahun anggaran 2017. Maka, selanjutnya Inspektorat menerbitkan Surat Perintah Tugas Pemeriksaan Khusus (Riksus) pada tanggal 15 Maret 2019.

"Begitu juga dengan Desa Bangka Kota dan Desa Bencah juga di audit atas permintaan Polres Basel pada tanggal 8 Januari 2018 sehubungan dengan dugaan penyalahgunaan bantuan pihak ketiga," bebernya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sedangkan untuk Desa Nangka, audit dilakukan Kepala Desa Nangka meminta kepada bupati Bangka Selatan pada tanggal 7 Mei 2019 guna berkenan menugaskan Inspektorat melakukan pemeriksaan terhadap empat kegiatan dimaksud.

"Saat ini tim Inspektorat sedang melakukan tahap persiapan, setelah tahap persiapan audit selesai, rencananya tim akan melaksanakan proses pemeriksaan ke Desa Nangka dalam waktu dekat, " pungkasnya. (BBR)


 

Penulis  : Andre
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review