HUT ke 5, Museum Timah Muntok Gelar Training Historic Urban Landscape

kasmirudin
HUT ke 5, Museum Timah Muntok Gelar Training Historic Urban Landscape
Museum Timah Indonesia mengadakan acara training "Historic Urban Landscape" di Muntok, Rabu (7/11/2018). (foto:Buditio)

MUNTOK, BABELREVIEW -- Museum Timah Indonesia merayakan hari jadinya yang ke 5, dengan mengadakan acara training "Historic Urban Landscape" di Muntok, Rabu (7/11/2018).

Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sekda Bangka Barat, UNESCO, perwakilan PT. Timah Tbk, dan para narasumber dari dalam dan luar negeri.

Peserta training Historic Urban Landscape ini, berasal dari kalangan akademisi, penggiat heritage baik dari dalam dan luar negeri.

Kepala Museum Timah Indonesia Muntok, Fachrizal, mengatakan HUT MTI yang ke 5 ini mengadakan training 'Historic Urban Landscape' dengan menarik peserta dari dalam dan luar negeri.

"Di hari ulang tahun yang ke 5, museum mengadakan event training selama dua hari dengan Tema Historic Urban Landscape yang dihadiri oleh narasumber dan peserta dari dalam dan luar negeri. Harapannya dengan acara ini, Kota Muntok dapat lebih dikenal sebagai kota yang memiliki nilai sejarah dan budaya," jelasnya.

Kepada BBR salah satu narasumber dalam training ini, Hasti Tarekat Dipowijoyo, yang merupakan salah satu pendiri dari Pansumnet, dan Badan Warisan Sumatera serta Founder dari Heritage Hands On yang berkedudukan di Belanda,  mengatakan bahwa tema yang diangkat kali ini adalah Lanskap Kota Bersejarah.

“Itu adalah suatu konsep yang diperkenalkan oleh UNESCO sejak 2011. Dan diharapkan dengan acara ini pelestarian pusaka itu tidak sebatas dalam pelestarian bangunan bersejarah secara tunggal, tetapi harus juga memperhatikan lingkungan sekitarnya,” ujarnya. (BBR)


Penulis : Buditio
Editor   : Kasmir
Sumber :Babelreview