Hati-Hati Buang Puntung Rokok Sembarangan, Bisa Kena Denda Rp 5 Miliar  

Admin
Hati-Hati Buang Puntung Rokok Sembarangan, Bisa Kena Denda Rp 5 Miliar  
Foto:Buditio

 

MENTOK, BABELREVIEW.CO.ID -- Musim kemarau yang berkepanjangan di Kabupaten Bangka Barat berpotensi menyebabkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Apalagi di wilayah Kabupaten Bangka Barat masih banyak terdapat kawasan hutan.Saat ini, kebakaran hutan dan lahan yang berimbas munculnya kabut asap sudah dirasakan sangat menggangu aktivitas warga masyarakat.

Upaya pencegahan kebakaran terus dilakukan oleh para stakeholder yang ada di Bangka Barat, begitu pula oleh pihak kepolisian.Menurut Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan A.S, S.H. S.IK, jajaran Polsek yang ada di Kabupaten Bangka Barat, selalu melakukan patroli pada saat siang dan malam hari. Sambil berpatroli juga melakukan sambang dan sosialisasi bahaya dan dampak Karhutla.

“Sebagian besar wilayah Bangka Barat merupakan daerah hutan, untuk para Bhabinkamtibmas terus melaksanakan sosialisasi Karhutla kepada warga bahaya membakar sampah atau membuang puntung rokok sembarangan sehingga dapat memicu membakar hutan atau lingkungan,” jelas Kapolres.

Harapannya warga mengetahui tentang larangan Karhutla dan dampak serta sanksi hukumnya dari Karhutla. Warga juga menyadari dan peduli terhadap Karhutla serta menyampaikan himbauan tersebut kepada warga yang belum mengetahuinya.Kapolres menambahkan bahwa pelaku Karhutla dapat diancam dengan hukuman sampai dengan 15 tahun penjara.

"Pelaku Karhutla dikenakan Pasal 78 Ayat (3) Undang-undang RI Tahun 1999 Tentang Barang siapa dengan sengaja membakar hutan. Diancam dengan Pidana Penjara paling lama 15 Tahun dan denda maksimal Rp. 5.000.000.000.- (Lima milyar Rupiah)" tegas Kapolres. (buditio/BBR)


Penulis  : Buditio
Editor    : Ahada
Sumber : Babel Review