Gubernur Babel Beri Bantuan Kepada Fakir Miskin

kasmirudin
Gubernur Babel Beri Bantuan Kepada Fakir Miskin
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman didampingi Ketua Baznas Babel, Sopian, memberikan bantuan kepada 5 orang fakir miskin yang berada di Desa Kulur, Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (9/4/2019). (Pemprov Babel)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman bersama Ketua Baznas Babel, Sopian, memberikan bantuan secara simbolis kepada 5 orang fakir miskin yang berada di Desa Kulur, Kabupaten  Bangka Tengah, Selasa (9/4/2019).

Bantuan diberikan di dalam Masjid Nurul Falah Desa Kulur, secara bergantian antara gubernur dengan ketua Baznas Babel dan disakiskan oleh kepala Biro Kesra Babel dan Forkopimda Bangka Tengah serta jamaah Masjid Nurul Falah.

Sebelumnya gubernur juga memberikan bantuan kepada Masjid Nurul Falah. Bantuan dana hibah Provinsi Babel diberikan secara simbolis kepada salah satu pengurus Masjid Nurul Falah dengan jumlah bantuan sebesar Rp 400 juta.

Gubernur menyarankan, agar pembangunan Masjid Nurul Falah bukan saja memfokuskan pembangunannya pada bangunan masjid saja, melainkan memperhatikan unsur kerapian WC dan tempat berwudhu.

“Bantuan ini sebesar Rp 400 juta dan dana ini tolong yang perlu diperhatikan betul buat WC dan tempat wudhu. Kalau mau ramai harus rapi tempat wudhu dan WC, di desain bagus-bagus. Intinya tempat perempuan dan laki laki dipisah. Ada pembatasnya, selebihnya baru untuk pembangunan masjid ini,” tuturnya.

Gubernur juga mengimbau kepada para jamaah Masjid Nurul Falah, untuk dapat menjaga dan memanfaatkan masjid ini dengan sebaik-baiknya. Salah satunya jadikan masjid ini sebagai majelis ilmu, buat para jamaah dan masyarat di sekitar masjid.

“Tolong masjid ni jangan sebagai tempat ibadah saja, tapi jadikan juga sebagai majelis ilmu. Jadikan juga untuk menghimpun kekuatan ekonomi masyarakat,” kata gubernur.

Erzaldi juga mengingatkan kepada para pengurus masjid untuk dapat membedakan antara zakat dengan sedekah, agar sesuai dengan peruntukannya.

“Ada zakat dan sedekah dikumpul di masjid ini, hati-hati pengurus masjid harus bisa membedakan mana untuk zakat, mana untuk sedekah. Jangan duit zakat kalian pakai untuk membangun masjid,” sarannya.

Sementara itu, Kepala Baznas Provinsi Kepulauan Babel, Sopian mengatakan Baznas Provinsi Babel memberikan bantuan kepada para fakir miskin sebanyak 20 orang dan dana tersebut berasal dari zakat mal atau zakat profesi, yang di salurkan oleh para pegawai ke Baznas.

"Sebelumya dua minggu yang lalu, kami juga memberikan bantuan ke Belitung Timur. Tujuannya untuk membantu para fakir miskin dalam memenuhi kebutuhannya. Pada tahun 2018 ada dana sebesar Rp 10, 9 miliar, dana itu dari zakat inpak, mal dan sodakoh," kata Sopian.

Oleh sebab itu, Sopian mengimbau agar maayarakat mau menyumbangkan sebagian rezekinya, sebab bantuan yang diberikan dipastikan akan ada balasannya dari Allah SWT.

"Saya mengimbau kaum muslim untuk memberikan bantuan kepada sesama umat muslim dan antar sesama. Sebab apa yang kita berikan pasti akan balasannya,” pungkas Sopian.

Sementara itu Kabag Sosial Biro Kesra Provinsi Babel, Sulaiman mengatakan penyerahan sumbangan kepada 20 orang fakir miskin dengan nominal uang yang di terima sebesar Rp500 ribu per orang itu berasal dari Baznas Babel.

"Baznas Babel juga memberikan bantuan kepada 20 orang fakir miskin sebesar Rp500 ribu per orang," tutur Suliman. (BBR)


Penulis : Mislam 
Editor   : Kasmir
Sumber : Pemprov Babel