Gubernur akan Wujudkan Asrama Haji Babel Menjadi Embarkasi Antara

kasmirudin
Gubernur akan Wujudkan Asrama Haji Babel Menjadi Embarkasi Antara
Gubernur Erzaldi, saat memimpin Rapat dalam Rangka Peningkatan Status Asrama Haji Provinsi Babel menjadi Embarkasi Antara Tahun 2020 di Ruang Tanjung Pendam, Kantor Gubernur Babel, Selasa (22/10/2019). (Foto: Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman menginginkan pada tahun 2020 mendatang, status Asrama Haji Provinsi Babel menjadi Embarkasi Antara.

Dengan peningkatan status tersebut, dampaknya akan meningkatkan fasilitas pelayanan kepada jamaah haji asal dari Babel.

“Seperti kita ketahui beberapa waktu yang lalu terkait dengan keberangkatan haji tahun 2019, kami dan Kanwil Kemenag Babel telah melakukan pertemuan, dimana Pangkalpinang menjadi Embarkasi Antara di Babel. Insya Allah dapat kita wujudkan dan harus didukung seluruh instansi terkait,” ungkap Gubernur Erzaldi, saat memimpin Rapat dalam Rangka Peningkatan Status Asrama Haji Provinsi Babel menjadi Embarkasi Antara Tahun 2020 di Ruang Tanjung Pendam, Kantor Gubernur Babel, Selasa (22/10/2019).

Gubernur menyebutkan, Asrama Haji tersebut tinggal pembangunan masjid dan diharapkan  dapat diselesaikan sebelum Lebaran Idul Fitri tahun 2020.

Erzaldi berharap, dengan adanya Embarkasi Antara jamaah haji tidak lagi lama berada di Embarkasi Palembang. Namun, cukup pindah pesawat dan langsung diterbangkan menuju ke Tanah Suci.

Pemprov Babel telah menggelontorkan dana sebesar Rp 4,5 miliar untuk pembangunan masjid di Asrama Haji Babel tersebut, berikut bantuan pembangunan jalan di areal Asrama Haji.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Babel M. Ridwan mengungkapkan, dalam peningkatan status Asrama  Haji Babel menjadi Embarkasi Antara harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Dengan adanya Embarkasi Antara di Pangkalpinang, menurut Ridwan, akan mempermudah pemberangkatan jamaah haji asal Babel ke tanah suci, termasuk dapat memotong waktu dan biaya yang akan dikeluarkan para jamaah.

Berkenaan dengan pembangunan masjid yang berada di Asrama Haji Babel, kata Ridwan, harus mampu menampung jumlah jamaah dalam 1 kelompok terbang (kloter). (BBR)


Penulis  : Irwan
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review