DPRD Dukung Pemkot Pangkalpinang Bangun Pelabuhan Besar

kasmirudin
DPRD Dukung Pemkot Pangkalpinang Bangun Pelabuhan Besar
Anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Depati MA Gandhi. (Foto: Gusti Randa)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Depati MA Gandhi mengatakan, hadirnya pelabuhan baru skala besar di Pulau Bangka tentu dambaan setiap pemerintahan daerah. Apalagi jika letaknya di Pangkalpinang, tentu sangat strategis.

"Mengingat jalur distribusi langsung ke jantung ibukota Provinsi Babel. Kelemahan kita ketiadaan pelabuhan bertaraf besar. Kita sebagai warga Pangkalpinang paham jika pelabuhan yang ada sekarang terkendala berbagai faktor. Distribusi produk strategis terkait inflasi pun banyak dipengaruhi kelambanan labuh kapal di Pelabuhan Pangkalbalam," ujar Gandhi saat dikonfrimasi, Kamis (16/1/2020).

Gandhi mengatakan, langkah wali kota Pangkalpinang sudah sangat tepat. DPRD sendiri berupaya mendukung penuh upaya Pemkot Pangkalpinang membangun hal tersebut.

"Namun cita-cita besar ini tentu urung dicapai jika pemerintah pusat dan provinsi tidak mendukung. Kalau berbicara dukungan, kita kira seluruh stakeholder mendukung dan mengapresiasi jika nantinya ada pelabuhan skala besar di Pangkalpinang. Dukungan moril dan politis itu pasti, kalau anggaran akan kita ajukan bersama ke pusat," jelas Gandhi.

Ia juga mengatakan, jika sebatas Feasibilty Study (FS) dan Detail Engineering Desain (DED),  pembicaraan level Pemkot Pangkalpinang dapat terselesaikan. Apalagi sekarang akan dilakukan tahap FS terlebih dulu.

Gandhi menambahkan, untuk lebih jauh berbicara pembangunan fisik, maka berbicara yang notabene kebijakan pemerintah pusat dan provinsi.

“Misi pembangunan pelabuhan ini kita kira langkah tepat, mengingat Pangkalpinang sebagai ibukota provinsi yang letaknya di tengah. Sehingga arus distribusi barang dapat cepat dan tepat sampai ke berbagai daerah kabupaten," tutupnya. (BBR)


Penulis  : Gusti Randa
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review