DPRD Babel Susun Perda Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

diko subadya
DPRD Babel Susun Perda Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- DPRD Bangka Belitung melalui Komisi IV membahas Perda Inisiatif, terkait pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Perda ini disusun untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Babel.

"Kita menginginkan bagaimana masyarakat mudah untuk berobat dan ada fasilitas rujukannya, ada dokternya, rumah sakitnya tersedia dengan baik," kata anggota Komisi IV DPRD Babel, Dody Kusdian kepada wartawan di ruang Fraksi PKS DPRD Babel, Selasa (3/12/2019).

Tak hanya itu, ia mengatakan, Komisi IV juga sedang memikirkan langkah mengantisipasi rencana kenaikan iuran BPJS pada 2020. Agar masyarakat tidak merasa terbebani dengan kenaikan tersebut.

"Ini juga diantisipasi oleh kita, bagaimana salah satu hak asasi manusia itu kan adalah hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Artinya, kewajiban pemerintah untuk memberikan fasilitasi kepada masyarakat," ungkapnya.

Karena itu, Dody mengatakan Komisi IV akan mencoba untuk menjembatani peran dan upaya pemerintah dalam menunaikan kewajibannya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Mungkin data yang harus diperbaiki, tanggungan dari JKN berapa? Kemudian dari pemerintah kabupaten/kota berapa? sisanya kemudian provinsi harus menjadi bamper disana. Kita harus memberikan solusi, sehingga harapannya semua masyarakat yang memang berhak itu bisa mendapatkan jaminan kesehatan di rumah sakit manapun," sebutnya. (BBR)


Penulis : Diko S.

Editor : Kashmir.

Sumber : Babelreview.