Dincak Sebagai Tarian Dambus, Begini Penjelasan Sejarahwan Babel Tentang Bedincak    

Admin
Dincak Sebagai Tarian Dambus, Begini Penjelasan Sejarahwan Babel Tentang Bedincak    
foto:fierly

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID --  Sejarawan sekaligus Budayawan Bangka Belitung Akhmad Elvian menjelaskan bahwa bedincak tak terpisahkan dari dambus. Dikatakannya dambus memiliki tiga pengertian, yang pertama dambus sebagai alat musik petik tradisional khas Bangka Belitung, kedua dambus sebagai kesenian (seni pertunjukan) yang memainkan berbagai alat musik tradisional mengiringi lagu yang berasal dari syair pantun yang berisi tentang pergaulan, nasihat dan lingkungan, serta yang ketiga adalah dambus sebagai tarian yang disebut dincak dambus.

“Dan tarian dambus sudah ada pakemnya tidak bisa diubah-ubah gerakannya. Dambus itu kesenian tradisional, mulai dari alat musik yang dipakainya, pantun dalam kesenian dambus juga berisi tentang pergaulan, nasihat, lingkungan. Kemudian gerakan dincak dambus itu merupakan tari pergaulan yang melambangkan suka cita masyarakat usai panen padi. Jadi itu tari tradisi yang gerakannya sudah terpola bukan tari kreasi,” jelasnya.

Mengenai Senam Bedincak Elvian mengatakan bahwa senam bukan bidang yang digelutinya, untuk itu ia tidak begitu tahu. Namun kemungkinan, dikatakan Elvian, Senam Bedincak mengambil kata bedincak agar ada nuansa lokal didalam gerakan-gerakan senam. (Irwan/BBR)