Desa Belo Laut

Admin
Desa Belo Laut
Desa Belo foto :Budi Susatyo

Bangka Barat,BabelReview -- Belo Laut ,desa pesisir dengan jumlah penduduk kurang lebih 12 jiwa yang terletak di kecamatan Muntok,Kabupaten Bangka Barat ini memiliki potensi yang sangat luar biasa .Mulai dari potensi bahari serta pemanfaatan lahan perkebunan. Desa Belo Laut terdiri dari 7 Dusun dan 36 RT memiliki garis pantai yang sangat panjang.Oleh karenanya hasil laut dan pengolahannya menjadi hal yang mendominasi dari usaha kecil dan menengah yang ada di sana.

Salah satu usaha kecil yang sudah sangat terkenal adalah mpek-mpek udang.Hasil olahan udang ini menjadi buah tangan yang selalu di cari oleh wisatawan yang berkunjung ke kota Muntok.Menurut Kepala Desa Belo Laut ,Amrin Saimi,diantara dari 94 UKM yang ada di desanya,memang mpek-mpek udang menjadi idola,Dari data yang ada diperkirakan setiap harinya  kurang lebih 100 kg bahan dasr udang yang diolah menjadi mpek-mpek,dimana penjualanya meliputi kota Muntok,Pangkalpinang ,serta di kirim  ke kota di luar Bangka Belitung.

Salah satu pengusaha kecil yang di temui,Sumiati atau biasa di panggil Yu Sum,saat hari biasa dia mengolah 60kg udang yang nantinya akan menjadi 300 potong mpek-mpek .Dengan harga jual Rp.10.000,- Per potong. Berarti dalam satu hari mendapatkan omset kurang lebih Rp. 3.000.000,- rupiah. Dan saat musim-musim tertentu semisal liburan sekolah ,atau saat lebaran omset mereka meningkat pesat.

Selain itu,Amrin menambahkan bahwa di Dusun Sukal dan sekitarnya juga terdapat sentra budidaya kerang.hasil tangkapan berupa kepiting,udang dan ikan serta selama ini juga di bina oleh Dinas kelautan dan perikanan Kabupaten Bangka Barat.Sukraedi Sp, saat ditemui di ruang kerjanya menyampaikan bahwa area budi daya kerang di Desa Belo Laut saat ini mencapai 98 hektare dan selama tahun 2017 menghasilkan 247,25 ton kerang pertahun.Adapun tahun 2018 ini dipastikan akan meningkat karena area pemasaran telah menjangkau Palembang sampai jambi .setiap hari kurang lebih 4 ton kerang hasil budidaya ini di panen dan dikirim ke luar Desa Belo Laut.Adapun potensi area yang dapat di kembangkan untuk budidaya mencapai 500 kektare.

Menurut Sukraedi,lokasi budidaya di Desa Belo Laut sangat mendukung.Dimana tingkat kesuburan tanah lumpurnya masih bagus.Begitu  juga dengan kondisi perairan yang belum  tercemar dan masih alami.Hal ini dibuktikan saat kerang hasil budidaya ini diperiksa oleh tim dari laboratorium di jakarta bahwa tidak mengandung logam berat dan zat kimia berbahaya.

karenanya tahun ini untuk mendukung aktifitas nelayan, melalui pendanaan dari provinsi kepulauan Bangka Belitung akan di bangun tambatan perahu di Dusun Sukal.kedepanya Dinas kelautan dan perikanan akan menata kawasan sukal menjadi kawasan terpadu untuk nelayan dimana tahun2019 akan di bangun unit pengolahan hasil laut untuk mengantisipasi lonjakan hasil saat panen raya sehingga nelayan mendaptakan harga yang stabil,juga akan di bangun warung-warung hasil olahan kerang bagi pengunjung  Dusun Sukal,lengkap dengan fasilitas pendukung lainya.(BBR)


Penulis :Budi Susatyo
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview