Bupati Bateng Minta Pemdes Tetap Anggarkan 30 Persen ADD untuk Pemberdayaan Masyarakat

faisal
Bupati Bateng Minta Pemdes Tetap Anggarkan 30 Persen ADD untuk Pemberdayaan Masyarakat
Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh. (Foto: Faisal)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh meminta kepada Pemerintah Desa (Pemdes) untuk mengalokasikan 30 persen Anggaran Dana Desa (ADD) Tahun 2020 untuk pemberdayaan masyarakat.

"Saya meminta pemdes untuk tetap memperioritaskan pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan 30 persen ADD Tahun 2020 dan minimal sebesar 2,5 persennya untuk pemberdayaan dibidang keagamaan,"ujarnya kepada Babel Review, Rabu (15/1/2020).

Dirinya melihat, ditahun 2019 para pemerintah desa sangat antusias dalam menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan diharapkan bisa dilanjutkankan dan ditingkatkan di tahun 2020.

"Pemberdayaan masyarakat bisa memberi dampak pembangunan ekonomi masyarakat sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat didesanya masing-masing,”ucapnya.

Bupati menerangkan kalau program pemberdayaan ini meneruskan tujuan pak presiden dimana visinya membangun ekonomi dari pinggiran (desa) sebab itu pemerintah juga memberikan bibit-bibit hewan dan pertanian untuk membantu mewujudkan visi misi presiden.

"Pada Tahun 2020 ini, pemkab akan menaikan anggaran desa, walau tidak terlalu signifikan namun saya harapkan bisa dimanfaatkan secara efektif dan efisien,"sebut Bupati.

“Apabila ada keinginan membangun dari pemerintah desa dan menghasilkan prestasi yang bisa berdampak peningkatan ekonomi, maka kami akan meningkatkan anggaran APBDes melalui APBD,"ungkapnya. 

Saat ini pengalokasian penggunaan dana desa sudah proporsional dimana alokasi pemberdayaan masyarakatnya sudah mencapai 30 persen ditahun sebelumnya.

 “Kita melihat pada Tahun 2019 yang lalu porsi penggunaan anggaran dana desa sudah sangat proporsional dimana alokasi pemberdayaan ekonomi masyarakat sudah 30 persen dan apabila sudah siap diatas 30 persen kita persilahkan dan yang lainnya untuk operasional dan pembangunan,”pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal

Editor     : Admin03

Sumber  : Babel Review