Begini Cara Pemprov Babel Muliakan Orang Tua, Mulai Tahun 2020 Lansia Dibantu Rp 1,2 Juta per Bulan

kasmirudin
Begini Cara Pemprov Babel Muliakan Orang Tua, Mulai Tahun 2020 Lansia Dibantu Rp 1,2 Juta per Bulan
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat memberikan arahan kepada pejabat di lingkup Pemprov Babel agar memberikan perhatian khusus kepada orang tua lanjut usia. (foto:Kusuma)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, meminta jajaran Pemprov Babel melakukan perhatian lebih intensif terhadap para orang tua lanjut usia (lansia). Karena para lansia ini sudah seharusnya mendapatlan perhatikan lebih baik, bahkan seperti orang tua sendiri.

"Akan kita bagi tanggungjawabnya antara kabupaten/ kota dan provinsi. Nanti kita beri bantuan senilai Rp 1,2 juta setiap bulannya, yang akan dimulai tahun 2020 mendatang. Ini dimasukan kedalam program bina keluarga lansia,” ujar Gubernur Erzaldi.

Para lansia, ditambahkan gubernur, harus memiliki BPJS. Gubernur minta instansi terkait membuatkan para lansia kartu keluarga tersendiri, dan juga adakan Posyandu Lansia.

“Saya ingin setiap Jum’at adakan senam untuk lansia, dan siapkan posyandu lansia di tempat tersebut, semisal ajak piknik dan tamasya bersama gubernur. Buat mereka menjadi bahagia," kata gubernur.

Selain itu, dihadapan sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemprov Babel, Gubernur Erzaldi menyampaikan, Ia berencana mengundang seluruh Kepala Desa di Babel, pada akhir Februari 2019 ini, guna membahas BUMDes dan Peraturan Desa.

"Saya undang mereka supaya menekan pernikahan dini. Kita akan terus adakan lagi penyuluhan, termasuk pemeriksaan kesehatan para calon pengantin, dan memberikan mereka wejangan untuk bersungguh - sungguh dalam pernikahan," ungkap Erzaldi.

Kepala DP3ACSKB Babel, Susanti, menyampaikan, saat ini, terdapat 121 desa di Babel  yang akan ditinjau karena diduga ada stunting.

"Perkembangan Kampung KB ini, masuk dalam payung hukum yaitu Pergub Nomor 40 tahun 2018,” terang Susanti.

Kepala BKKBN Babel, Etna Esterika pada kesempatan sama mengungkapkan, hingga saat ini, 198 desa sudah disurvei, dan bisa masuk kategori kampung KB dan yang benar – benar, masuk ke angka 106 desa.

"Untuk bulan ini, seluruh Kampung KB harus ada aplikasi BKKBN, dan ini juga akan disampaikan kepada Presiden. Akan ada format dan bentuk pengisiannya," ungkap Etna. (BBR)


Penulis : Kusuma         
Editor   : Kasmir
Sumber : Babelreview