Bawaslu Kabupaten Bangka Selidiki Caleg Bagi-Bagi Minuman Imlek

kasmirudin
Bawaslu Kabupaten Bangka Selidiki Caleg Bagi-Bagi Minuman Imlek
Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Corri Ihsan. (foto:Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Corri Ihsan, meminta kepada para calon legislatif dan partai politik untuk menjaga agar suasana aman dan damai, sehingga Pemilu 2019 berjalan secara demokratis.

Corri berharap kepada masyarakat supaya menjadi pemilih yang cerdas, karena masa depan negara dan daerah ditentukan oleh pemungutan suara pada tanggal 17 April 2019 nanti.

" Saya imbau kepada seluruh pihak, baik caleg, partai politik maupun pihak masyarakat, untuk turut berperan aktif dalam mensukseskan pemilu tahun ini. Dan untuk penyelenggaraan pemilu seperti KPU dan Bawaslu, kita akan berusaha secara independen dan menegakkan aturan sesuai aturan yang berlaku," terangnya, Senin (11/2/2019).

Menurut Corri, saat ini pihaknya sedang menangani temuan, apakah nanti ada unsur pidananya yang harus diproses oleh penegakan hukum terpadu ( Gakkumdu ). Pihaknya selaku Bawaslu tetap akan menindak lanjuti laporan atau temuan dalam pelanggaran pemilu tahun ini.

"Saat ini ada kejadian di Belinyu dan Bakam yang sedang kita tangani. Ada pembagian minuman saat mendekati Imlek kemarin yang mengatasnamakan salah satu caleg dan menurut informasi ada stiker di bungkus minuman tersebut. Kita masih melakukan klarifikasi, kejadian tersebut apakah ada unsur pidananya atau tidak," ungkapnya.

Dijelaskannya, hal tersebut dilakukan oleh salah satu caleg dari DPRD Provinsi Babel. Sampai saat ini ada sekitar 4 temuannya dan ada beberapa lagi laporan yang sudah masuk ke Bawaslu.

"Bawaslu Bangka akan proses kejadian tersebut dan kita akan bekerja sesuai aturan yang berlaku," jelas Corri.

Diakuinya, bahwa Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri tanpa adanya laporan dari masyarakat. Pada intinya Bawaslu akan melakukan tindakan terkait laporan dari masa uang terkait dengan dugaan pelanggaran pemilu yang terjadi.

"Masyarakat harus menyertakan bukti yang jelas ketika ingin melaporkan adanya pelanggaran pemilu, baik syarat materiil ataupun formilnya. Kami butuh perhatian dan peran serta dari masyarakat terhadap suksesnya pemilu 2019," pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Ibnu
Editor    : Kasmir
Sumber  :Babel Review