Agar Pemilih Tak Tertipu , Dewan Penasehat PWI Minta Pers Beritakan Rekam Jejak dan Program Calon Peserta Pilkada

andre
Agar Pemilih Tak Tertipu , Dewan Penasehat PWI Minta Pers Beritakan Rekam Jejak dan Program Calon Peserta Pilkada
Foto : Andre

BANJARMASIN, BABELREVIEW.CO.ID -- Dewan Penasihat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Eduard berpesan kepada Pers untuk tak ragu memberitakan rekam jejak para Calon Kandidat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tahun ini.

Pesan tersebut, disampai Dewan Penasehat PWI Pusat ini saat menjadi pemateri seminar 'Media berkualitas untuk pilkada damai ' di Hotel Golden Tulip Galaxy, Banjarmasin pada Jumat (07/02/2020) lalu.

Menurutnya, pemberitaan rekam jejak Calon peserta Pilkada ini diperuntukan untuk mencerdaskan para pemilih sebelum memilih Kepala daerah nanti.

"Memang itu bukan fungsi Pers semata, namun pers setidaknya memberikan informasi terkini tentang rekam jejak dan program program para Calon Peserta Pilkada, " katanya.

Dengan pemberitaan rekam jejak Calon peserta Pilkada, sambungnya Pers dapat mencegah pemilih untuk tidak memilih pemimpin yang salah.

"Salah satu yang juga menjadi peran pers dalam mencerdaskan pemilih ialah membandingkan program yang realistis dijalankan maupun janji palsu para Calon peserta Pilkada, " bebernya.

Terakhir ia mengatakan, melalui pemberitaan tersebut, pemilih dapat memilih calon pemimpin yang memiliki rekam jejak yang baik, program kerja yang realistis sehingga terciptanya Pilkada yang berkualitas.(BBR)


Penulis : Andrean

Editor : Andrean

Sumber : Babelreview