94 Warga Binaan Lapas Bukit Semut Ikuti USBN

kasmirudin
94 Warga Binaan Lapas Bukit Semut Ikuti USBN
Sebanyak 94 Warga Binaan Lapas Bukit Semut Ikuti USBN. (Foto:Irwan)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW – Sebanyak 94 warga binaan di Lapas Klas II B Bukit Semut Sungailiat, Kabupaten Bangka ikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Pengayoman Lapas.

Pada Jumat (13/4) pihak lapas melaksanakan USBN pendidikan kesetaraan program paket A yang berlangsung dengan tertib. Pada jenjang paket A diikuti oleh sebanyak 12 warga binaan.

Kasi Pembinaan Narapidana dan Kegiatan Kerja Kemenhumham Kantor Wilayah Bangka Belitung Al Ihsan mengatakan, peserta USBN merupakan warga binaan yang ingin melanjutkan pendidikan kesetaraan sesuai dengan jenjangnya.

Setelah mengikuti pendidikan yang dilaksanakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Mengajar yang ada di lapas, peserta diikuti USBN oleh pihak lapas yang berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka yang menyediakan soal ujian.

“Di lapas mereka mengikuti pendidikan seminggu dua kali belajar, baik paket A, B dan C. Sekarang mereka harus mengikuti ujian yang soalnya langsung diberikan oleh Dinas Pendidikan,” jelas Ihsan.

Usia peserta USBN di Lapas Bukit Semut Sungailiat juga tidak dibatasi. Walau jenjang masih paket A yang setara dengan pendidikan Sekolah Dasar (SD) namun peserta ujian berkisar umur 20 tahun lebih, bahkan ada yang berusia 30 tahun. Ini juga membuktikan semangat belajar tidak mengenal usia.

“Mereka walaupun jenjang paket A misalnya sudah keluar tetap kita pantau untuk mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya. Dengan begitu diharapkan mereka dapat bekal ilmu yang berguna ketika keluar dari lapas bisa beradaptasi dengan baik pada masyarakat.” Harapnya.

Lapas Klas IIB Bukit Semut Sungailiat dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka menyelenggarakan USBN pendidikan kesetaraan program paket A, paket B dan paket C, dari 12 hingga 26 April 2018. Jumlah peserta ujian mencapai 94 warga binaan, yang terdiri dari paket A 12 orang, paket B 32 orang dan paket C 50 orang. (BBR)


Penulis :Irwan
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview