2.500 Warga Mentok Peringati WCD, Pilah Pilih Sampah Mulai Dari Rumah  

Admin
2.500 Warga Mentok Peringati WCD, Pilah Pilih Sampah Mulai Dari Rumah  
Foto:Buditio

 MENTOK, BABELREVIEW.CO.ID -- Peringatan hari bersih sampah se-dunia yang digelar di Kabupaten Bangka Barat dimotori para pemuda yang tergabung dalam Organisasi Pemuda Hijau, Forum Pemuda Teluk Rubiah dan LSM Laskar Hijau. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari IKT Unit Metalurgi PT Timah (Persero) Tbk.

Sekitar 2.500 orang warga di kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ikut memeraihkan peringatan "World Cleanup Day" atau hari bersih sampah se-dunia yang digelar di Muntok."Kami berharap melalui kegiatan ini para peserta semakin peduli dan sadar terhadap kebersihan lingkungan dan bisa mengelola sampah mulai dari diri sendiri," kata ketua Pemuda Hijau, Riny Stevany di Mentok, Sabtu (21/9/2019).

Para peserta mengikuti rangkaian kegiatan, yaitu jalan sehat pungut sampah, sosialisasi dan edukasi lingkungan, deklarasi komitmen bersama, pelayanan kesehatan gratis, senam massal dan pameran kerajinan berbahan barang bekas."Selain kegiatan itu, kami dalam beberapa hari terakhir juga melakukan pengecatan kawasan wisata waduk kampung iklim dengan melibatkan warga dan pemuda sekitar," katanya.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan para pemuda bisa menjadi penggerak dan penyemangat di lingkungan masing-masing dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dengan gerakan sadar lingkungan yang semakin membudaya diharapkan bisa memberi andil dalam upaya pelestarian lingkungan demi kehidupan yang lebih baik.

"Untuk membudayakan bersih lingkungan bisa dimulai dengan hal-hal kecil, seperti membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah mulai dari rumah masing-masing agar selalu bersih dan sehat," katanya.Sekretaris Unit Metalurgi Mentok PT Timah (Persero) Tbk, Suryadi Djabar Hamid memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan berwawasan lingkungan tersebut.

"Kami akan terus mendukung kegiatan positif seperti itu, terutama yang dilakukan atau digerakkan para pemuda yang memiliki jiwa dan semangat tinggi untuk berbuat yang terbaik bagi lingkungan dan masyarakat di daerah itu," katanya.Ia berharap kegiatan itu bisa berkelanjutan untuk membangun budaya baru yang lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan di sekitarnya. (buditio/BBR)


Penulis  : Buditio
Editor    : Ahada
Sumber : Babel Review