2.000 Dulang Disiapkan Dalam Nganggung Sepintu Sedulang

kasmirudin
2.000 Dulang Disiapkan Dalam Nganggung Sepintu Sedulang
Nganggung Sepintu Sedulang dalam rangka memperingati HUT ke 253 Kota Sungailiat dengan menyediakan 2.000 dulang yang digelar di Gedung Sepintu Sedulang, Kamis (2/5/2019). (Foto: Ibnu)

SUNGAILAT, BABELREVIEW.CO.ID – Sebanyak 2.000 dulang disiapkan untuk memeriahkan HUT ke 253 Kota Pangkalpinang, dalam acara Nganggung Sepintu Sedulang yang digelar di Gedung Sepintu Sedulang Jalan Achmad Yani Jalur II Sungailiat, Kamis (2/5/2019).

Kegiatan Nganggung ini mengambil tema "Dengan Nganggung Sepintu Sedulang Kita Lestarikan Adat Budaya Bangka Mempererat Tali Silaturahmi dan Kebersamaan Bersama Sinergitas Pelaku Usaha, Akademisi, Pemerintah dan Masyarakat Untuk Mewujudkan Bangsa Setara".

Bupati Bangka Mulkan SH MH dalam menyampaikan, ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang hadir dalam rangka turut menyukseskan acara Nganggung memperingati HUT Kota Sungailiat yang jatuh setiap tanggal 27 April.

"Kami selaku Pemerintah Kabupaten Bangka turut bersama-sama masyarakat untuk menjunjung tiang-tiang budaya ini, di Gedung Sepintu Sedulang Sungailiat saat ini," ujarnya.

Mulkan katakan, ini merupakan langkah baru yang dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke 253 Kota Sungailiat.

“Saya mengharapkan kegiatan Nganggung Sepintu Sedulang ini adalah merupakan salah satu penunjang bidang pariwisata di Kabupaten Bangka," tuturnya.

Bupati katakan, dengan adanya kegiatan acara nganggung seperti ini terlihat akan suatu kebersamaan, kekompakan dan sifat gotong royong di lingkungan masyarakat.

"Masa boleh berlalu, waktu boleh berubah tetapi tradisi kita seperti Nganggung Sepintu Sedulang tetap harus dipertahankan. Karena ini merupakan adat istiadat kita," tegasnya.

Mulkan berharap, siapapun yang akan menjadi pemimpin selanjutnya dapat melestarikan kebudayaan yang ada di Kabupaten Bangka ini.

"Jangan sampai kebudayaan-kebudayaan kita yang sudah dilestarikan oleh orang tua kita tergerus oleh kebudayaan dari luar. Dan anak-anak kita harus turut menjaga dan melestarikan budaya yang ada di Bangka supaya tetap terjaga. Semoga kegiatan nganggung ini mendapatkan barokah dari Tuhan Yang Maha Esa," harap bupati. (BBR)


 

Penulis  : Ibnu
Editor    : Sanjay
Sumber  : Babel Review