12 strategi disparbud rayu wisawatan datang ke babel

Admin
12 strategi disparbud rayu wisawatan datang ke babel
Kedatangan para wisatawan mancanegara ke Pantai Parai Sabtu (7/10/2017). ( Foto:IST)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW  -- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki strategi jitu untuk meningkatkan promosi wisata Bangka Belitung.


Kepala Disparbud Babel A Rivai menjelaskan beberapa strategi jitu yang mereka miliki tahun 2018 ini. 
"Melalui langkah-langkah konkret, kita berharap kerja dan program kita tahun 2018 ini akan mampu meningkatan kunjungan wisatawan ke Babel," ujar A Rivai.
Berikut strategi promosi wisata yang dimiliki Disparbud Babel:


1. Melaksanakan kegiatan expo luar daerah dan luar negeri kemudian terjadi table top antara travel agent babel dgn travel agent dari luar babel maupun luar negeri (menyesuaikan dgn pangsa pasar Babel).
2.Melaksanakan roadshow diluar Babel dengan cara mempertemukan travel agent Babel dengan travel agent dari luar Babel, kemudian terjadi transaksi jual beli paket wisata (menyesuaikan pangsa pasar babel).
3. Bekerjasama dengan  media, diantaranya berbagai macam media cetak, televisi, on line, blogger, youtuber, photografer, dll.
4. Melaksanakan kegiatan famtrip (mengundang para travel agent dari luar babel, media, blogger, youtuber, photografer dll utk mengexplore babel dan kemudian di jual paket wisatanya oleh travel agent dan dipublikasikan oleh media nasional maupun internasional).
5. Selalu bekerjasama dengan Humas Kemenpar RI untuk mempromosikan babel melalui medsos, on line, video, tv dan cetak.
6.Menjalin hubungan dengan Forwapar (forum wartawan pariwisata) gabungan media di bid pariwisata, ada 76 media yang basecampnya ada di Kemenpar RI. Tujuannya agar berita-berita perkembangan pariwisata dapat kita rilis beritanya kepada teman-teman media  di Babel.
7. Bekerjasama dengan TIC (tourism information centre) Kemenpar RI yang ada di Terminal 3 Garuda Soetta untuk menempatkan bahan-bahan promosi (leaflet, booklet, DVD) dan makanan khas Babel.
8. Menjalin kerjasama dengan Angkasa Pura 2 Soetta untuk menempatkan  calender even di Bandara Soetta.
9. Selalu memberi pencitraan pariwisata yang baik kepada wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Babel dengan branding " come & explore Bangka Belitung".
10. Mendukung kegiatan-kegiatan promosi yang diadakan oleh kabupaten dan kota, asosiasi pariwisata, komunitas, lembaga pendidikan dll.
11. Menempatkan TIC di Bandara Depati Amir Pangkalpinang dan Hanandjoeddin Belitung serta mesin AIM di bandara dan pelabuhan pintu masuk akses ke Babel.
12. Melaksanakan kegiatan Fest in Fest di Kemenpar RI yang diadakan pada bulan Januari setiap tahun untuk mempromosikan dan memperkenalkan calender even dan 100 top even yang diikuti hampir seluruh provinsi di Indonesia dan para penggiat pelaku pariwisata. (BBR)